TV Markiza Slowakia Promoskan Budaya Indonesia

TV Markiza Slowakia Promoskan Budaya Indonesia

KBRI Bratislava di Slowakia pada tanggal Jumat (11/6) telah melaksanakan promosi budaya Indonesia pada program Teleráno di salah satu stasiun televisi swasta di Slowakia, TV Markiza.

SHNet, Bratislava-“Tak kenal maka tak sayang” adalah peribahasa Indonesia yang sudah tak asing di telinga orang Indonesia. Agar orang asing sayang Indonesia, tentunya memperkenalkan Indonesia ke dunia luar merupakan hal wajar untuk dilakukan. Tapi bagaimana kenal kalau tidak pernah tahu?

Agar masyarakat Slowakia tahu tentang Indonesia, maka KBRI Bratislava di Slowakia pada Jumat  (11/6/2021) telah melaksanakan promosi budaya Indonesia pada program Teleráno di salah satu stasiun televisi swasta di Slowakia, TV Markiza. Teleráno adalah salah satu program TV Markiza pagi hari, berdurasi dua setengah jam (06.00-08.30), setiap hari Senin – Jumat. Promosi ini dilakukan dengan harapan setelah tahu tentang budaya Indonesia, masyarakat Slowakia menjadi ingin mengenal Indonesia dan setelah semakin kenal maka akan makin sayang dengan Indonesia.

Promosi kali ini difokuskan pada promosi makanan Indonesia. Makanan yang ditampilkan antara lain: sate ayam, tahu/tempe woku, salad manga muda, nasi kuning, dan kue cantik manis, namun kali ini hanya mempertunjukkan demo masak untuk sate ayam, tahu/tempe woku dan salad manga muda. Untuk demo masak ini KBRI Bratislava bekerjasama dengan seorang WNI di Bratislava bernama Bapak Yusuf yang merupakan juru masak professonal pada salah satu restoran di Slowakia, dibantu oleh juru masak Duta Besar RI Bratislava bernama Ibu Pujiyem.

KBRI Bratislava juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan Tari Cenderawasih dari Bali. KBRI mengoptimalkan talenta staf lokal KBRI Bratislava, Dipa Palupi, dan salah seorang WNI di Slowakia, Maria Yesy Kristanti, untuk membawakan tarian tersebut. Alokasi waktu untuk promosi pada TV Markiza menjadi peluang KBRI Bratislava untuk memperlihatkan produk-produk kerajinan Indonesia yang ditata sedemikian pada setting pengambilan foto dan video program Teleráno tersebut. (sur)