Kuburan Batu Situs Prasejarah di Desa Batu Tering, NTB

Kuburan Batu Situs Prasejarah di Desa Batu Tering, NTB

SHNet, Jakarta – Pariwisata, Nusa Tenggara Barat berupa kuburan batu atau peti batu menjadi situs prasejarah yang dapat dilihat di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terdapat empat situs kuburan yang dapat disaksikan dan dipelajari sejarahnya di sini. Kuburan batu yang dikategorikan batu sarkofagus ini memiliki pahatan dengan lambang wajah manusia yang diartikan untuk mencegah dari mara bahaya.

Sedangkan, lambang alat kelamin manusia dipercaya memiliki arti kesuburan dan pahatan buaya yang terdapat di peti batu memiliki arti hubungan manusia dengan alam arwah atau para leluhur.

Dikutip dari IndonesiaKaya, bentuk kuburan yang memiliki wadah dan penutup ini dianggap para ahli merupakan salah satu bentuk kecerdasan manusia pada zamannya.

Saat itu, mereka telah mampu menggunakan akalnya untuk membuat penutup yang diukir dari batu. Pahatan yang terlihat di kuburan batu dipercaya sebagai pemikiran yang sangat maju.

Situs kuburan batu yang dipercaya dari zaman megalitik ini terletak di Gunung Ai Renung, sekitar 30 kilometer dari Kota Sumbawa Besar.

Para pengunjung yang ingin menuju kawasan wisata bersejarah ini juga harus melakukan pendakian terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit sebelum sampai di makam.

Letak makam satu dengan makam yang lain tidak berdampingan. Masing-masing batu memiliki kawasan tersendiri.

Situs kuburan batu merupakan wisata sejarah yang memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi setiap pengunjung yang datang berkunjung ke kawasan peti batu di Sumbawa, NTB.

Berkunjung ke salah satu situs bersejarah yang ada di Indonesia ini akan menjadi pengalaman yang seru dan bermakna. (maya han)