Kenali Tiga Jenis Beras di Saat Diet

Kenali Tiga Jenis Beras di Saat Diet

SHNet, Jakarta – Masih banyak orang menganggap nasi putih dapat menjadi salah satu pemicu kegemukan, sehingga wajib mengurangi atau berhenti mengonsumsi nasi putih ketika sedang diet agar berat badan turun.

Ternyata hal ini juga masih menjadi perdebatan. Apakah nasi putih benar-benar bisa memicu kegemukan atau tidak. Apalagi bagi orang Indonesia, yang beranggapan ‘belum kenyang kalau belum makan nasi’.

Namun kamu tidak perlu bingung atau khawatir, Beautynesian. Berikut ini ada tiga jenis beras yang cocok buat mendukung diet kamu.

1. Beras Merah

Jenis beras yang pertama ini mungkin sudah akrab bagi kebanyakan orang. Beras merah memiliki pigmen warna kemerahan, dengan jumlah nutrisi, protein, dan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Beras merah mengandung senyawa antosianin, yang diyakini dapat mengontrol berat badan. Selain itu, beras merah juga mengandung antioksidan yang baik untuk pembentukan hormon tiroid, mengatur sistem kekebalan tubuh, hingga dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.

2. Beras Cokelat

Sama seperti beras merah, beras cokelat memiliki kadar serat tinggi yang dapat membantu proses pencernaan, sehingga baik untuk diet. Meskipun masih belum banyak orang yang akrab dengan beras ini, namun beras cokelat sangat cocok dikonsumsi terutama bagi mereka yang belum bisa sepenuhnya meninggalkan nasi putih.

Beras cokelat mengandung berbagai senyawa yaitu flavonoid antioksidan apigenin, quercetin, dan luteolin yang berperan dalam melawan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung hingga kanker.

Selain menyehatkan, mengonsumsi beras cokelat juga mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama karena kandungan protein di dalamnya.

3. Beras Hitam

Berbeda dengan kedua jenis beras lainnya, beras ini memiliki warna yang paling pekat. Beras hitam tergolong langka karena masih sulit didapatkan. Harganya pun juga jauh lebih mahal dari pada beras merah dan beras cokelat.

Namun soal kualitas, beras hitam memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Dibandingkan dengan beras-beras lainnya, beras hitam mengandung antioksidan yang sama dengan blueberry, sehingga dipercaya memiliki antioksidan tertinggi.

Beras hitam juga terbukti bersifat anti-kanker yang dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Selain itu, kandungan kalori pada beras hitam juga paling rendah diantara beras merah dan beras cokelat. Jadi, sangat cocok buat kamu yang sedang berdiet. (maya han)