EKSKLUSIF: BIN Blak Blakan Soal Terorisme dan FPI

EKSKLUSIF: BIN Blak Blakan Soal Terorisme dan FPI

Jakarta-Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto, yang juga merupakan Deputi VII BIN mengatakan, deteksi dini dan deradikalisasi di Indonesia cukup baik. Tingkat kesuksesan mencapai 95 persen.

Namun, yang lima persen ini yang seringkali beraksi ketika aparat negara sedikit lengah. Tapi, ketika aparat sedang gencar, mereka biasanya tiarap. Rekruiten teroris juga menyasar kelompok milenial dan kaum perempuan. Kaum perempuan biasanya tidak aktif, tetap seringkali membantu aksi teror. Mereka biasanya kena pasal turut serta.

Berkat kerja keras aparat dan deteksi dini menyebabkan, Indonesia termasuk salah satu negara yang masuk kategori aman. Hanya saja, ada individu yang melakukan aksi teror karena belajar atau mendapat informasi melalui gadget. Untuk itu, Wawan meminta kepada semua pihak agar tidak ragu untuk melaporkan kalau ada hal yang mencurigakan.

Sebab, kalau sudah terjadi dan baru melapor, maka itu akan sia-sia. Dia juga mengajak kaum milenial untuk memanfaatkan masa muda untuk berbuat hal yang baik bagi bangsa dan negara. Pihaknya membuka diri untuk berkomunikasi dengan kaum milenial melalui berbagai perangkat media sosial yang ada.