Cara Unik Mahasiswa Indonesia di Rusia Peringati Hardiknas

Cara Unik Mahasiswa Indonesia di Rusia Peringati Hardiknas

Duta Besar RI Moskow Jose Tavares dan Ibu Rennie Tavares berfoto secara hybrid bersama para pemenang dan finalis Putra Putri Permira 2021 yang hadir langsung dan secara virtual

SHNet, Moskow-Amalia Raras Putri Cahyadi, mahasiswi asal Bandung yang sedang menempuh studi jurusan Biologi di Russian State Agrarian University – Moscow Timiryazev Agricultural Academy, Moskow  dan Fasyeh Hamid, mahasiswa asal Jakarta, yang sedang menempuh studi jurusan Oil and Gas Engineering di Gubkin Russian State University of Oil and Gas, Moskow, dinobatkan sebagai Putra dan Putri Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) Tahun 2021 pada acara final pemilihan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, pada Minggu, 2 Mei 2021, di KBRI Moskow.

”Pemilihan Putra Putri Permira merupakan aktualisasi kreatif dan out of the box yang dapat menjadi sarana untuk mendukung diplomasi Pemerintah RI dalam mempromosikan Indonesia dan mendorong kemajuan kerja sama pendidikan antara Indonesia-Rusia”, pungkas Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, dalam acara penobatan.

Lebih lanjut, Dubes Tavares mengajak seluruh pihak, termasuk mahasiswa Indonesia di Rusia, untuk meneruskan perjuangan pendidikan yang telah dirintis oleh Ki Hadjar Dewantara hingga di masa mendatang.

“Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021, yaitu ”Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar” sangat tepat menggambarkan perjuangan keras yang dilakukan dunia pendidikan dalam setahun terakhir sejak pandemi COVID-19 terjadi. Dunia pendidikan di Indonesia dipaksa berinovasi dan beradaptasi dalam memastikan terselenggaranya proses pembelajaran bagi semua peserta didik”, tambah Dubes Tavares.

“Terpilih menjadi Putra Permira 2021 yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional memberikan makna mendalam agar gelar ini dapat juga saya manfaatkan untuk mendukung peningkatan kerja sama pendidikan bagi mahasiswa Indonesia di Rusia melalui sinergi dengan berbagai pihak, termasuk KBRI Moskow”, pungkas Fasyeh, pemenang Putra Permira Tahun 2021, yang mengikuti final penjurian secara virtual dari Jakarta.

”Rasanya campur aduk saat diumumkan menjadi pemenang, yang jelas sangat senang. Seluruh finalis memperoleh banyak manfaat dalam acara ini, mulai dari persahabatan dengan teman-teman baru hingga pembelajaran berbagai topik dari para pemateri pembekalan”, ungkap Amalia dengan penuh kegembiraan setelah dinobatkan sebagai Putri Permira 2021.

KBRI Moskow mendukung Permira dalam penyelenggaraan acara ini yang rangkaiannya telah dimulai sejak Maret 2021. Acara final diselenggarakan secara hybrid, dengan menghadirkan 8 orang finalis secara langsung dan 4 orang finalis secara virtual. Kehadiran finalis secara langsung tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah setempat dalam rangka pencegahan COVID-19.

Program Tahunan Permira        

Pemilihan Putra Putri Permira merupakan program kerja tahunan Permira. Ajang ini bertujuan untuk memilih mahasiswa-mahasiswi Indonesia berbakat yang sedang menempuh pendidikan di Rusia untuk mempromosikan Indonesia di Rusia. Pada pelaksanaan di tahun 2021 ini, ajang Pemilihan Putra Putri Permira didukung KBRI Moskow, termasuk kantor Atase Pendidikan RI Moskow. Tema tahun ini adalah ”Corak Budaya Indonesia–This is Not Another Beauty Contest”.

”Pemilihan Putra Putri Permira Tahun 2021 bertujuan mencari sosok duta mahasiswa Indonesia di Rusia yang memiliki minat dan bakat dalam mempromosikan seni, budaya dan citra positif Indonesia kepada masyarakat Rusia, melalui peran aktif pendidikan dan kepemudaan”, ungkap Azis Nurwahyudi, Wakil Duta Besar RI untuk Rusia yang menjadi Ketua Dewan Juri Pemilihan Putra Putri Permira 2021.

Proses seleksi berhasil menyaring sebanyak 36 mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di berbagai kota di Rusia, antara lain: Rostov, Arkhangelsk, Moskow, Kazan, Belgorod, Voronezh, Novosibirsk, St. Petersburg, Tomsk, Vladivostok, Yekaterinburg, dan Tyumen.

Terpilih 24 semifinalis yang diberikan pembekalan dan pelatihan agar siap menjadi sosok duta mahasiswa Indonesia di Rusia yang akan turut berperan dalam mempromosikan seni, budaya dan citra positif Indonesia kepada masyarakat Rusia. Pembekalan diberikan oleh para pemateri ahli meliputi: public speaking, leadership, personal branding, psikologi, etika pergaulan internasional, dan etos kerja menjadi duta muda Indonesia.

Sebanyak 12 peserta terpilih ke babak final. Dewan Juri adalah Sarah Sechan (TV Host dan Diaspora Indonesia di Singapura), Lola Amaria (Produser dan Sutradara Film), Kevin Liliana (Miss International 2017 dan Puteri Indonesia Lingkungan 2017), serta Ryan Wiedaryanto (Jurnalis dan News Anchor).

Winata Kusuma finalis Putra dari kota Moskow dan Aqilla Dini Ainnaya finalis Putri dari kota Kazan, ditetapkan sebagai Wakil I Putra Putri Permira 2021. Sementara, Endarawan Pujiatmoko finalis Putra dari kota Rostov-on-Don dan Merri Yovita Tarigan finalis Putri dari kota Tomsk, ditetapkan sebagai Wakil II Putra Putri Permira 2021. Para pemenang memperoleh piala tetap dan piala bergilir serta Beasiswa Pendidikan Duta Besar RI Moskow.

Acara Final Pemilihan Putra Putri Permira 2021 juga dimeriahkan dengan penampilan khusus Leo Mokodompit. Acara final disaksikan melalui format aplikasi Zoom, Youtube KBRI Moskow serta Instagram Live akun @putraputripermira dan @permiraofficial. Turut menyaksikan acara final secara virtual adalah para perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia dari seluruh dunia, serta khalayak umum dan mahasiswa Indonesia di Rusia. (sur)