Produk Pangan dan Mamin Indonesia Hadir di Cairo Supermarket Expo 2021

Produk Pangan dan Mamin Indonesia Hadir di Cairo Supermarket Expo 2021

Pameran Supermarket Expo ke-6 ini, Indonesia tidak saja memamerkan keunggulan produk pangan, produk makanan dan minuman tapi juga dapat mempromosikan produk strategis Indonesia, keindahan alam dan obyek wisata serta promosi pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

SHNet, Kairo – Masa pandemi Covid-19 di Mesir tidak menyurutkan partisipasi Indonesia pada pameran  Supermarket Expo 2021 yang digelar di Cairo Convention & Exhibition Center, Kairo Mesir sejak Minggu (4/4) hingga Senin (12/4). Partisipasi Indonesia pada pameran ini merupakan upaya kolaborasi antara KBRI Cairo dengan importir dan distributor tunggal produk, Mayora, Egyptian Saudi Company dalam upaya memperluas eksistensi dan peningkatan ekspor Indonesia khususnya produk pangan, hasil pertanian dan  makanan minuman di pasar Mesir.

Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf  yang membuka Paviliun Indonesia mengatakan, melalui pameran Supermarket Expo ke-6 ini,  Indonesia tidak saja memamerkan keunggulan produk pangan, produk makanan dan minuman tapi juga dapat mempromosikan produk strategis Indonesia, keindahan alam dan obyek wisata serta promosi pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

“Lebih dari 60% ekspor Indonesia ke Mesir adalah produk pangan dan produk makanan minuman, Indonesia harus bisa meningkatkan volume ekspor yang lebih besar, salah satunya kehadiran pada Supermarket Expo ini dan partisipasi pada berbagai pameran dagang di Mesir, selain itu produk lainnya yang berpeluang dan berpotensi masuk akan difasilitasi,” jelas Dubes Lutfi.

Atase Perdagangan KBRI Cairo menerangkan, Paviliun Indonesia ini diisi oleh produk biji kopi, rempah-rempah, kelapa serut, briket dan chips dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia  (PT.PPI), produk mie sedap, teh seduh, sabun deterjen, sabun pembersih, dan sterilizer dari Wings, minuman teh kotak, fruit tea, tebs dari PT Sosro  serta produk-produk Mayora yang secara khusus membuat counter penjualan langsung produk minuman kopi dan biskuit.

Atdag Irman Adi menambahkan, ekspor kopi Indonesia ke Mesir pada 2020 menempati urutan pertama dengan nilai Rp 726 miliar.  Sedangkan untuk biskuit,  nilai ekspor pada 2020 mencapai mencapai Rp1,3 miliar.  “Dalam pameran Supermarket Expo hari ini pertama ini saja telah ada permintaan produk buah-buahan tropis Indonesia diantaranya nenas, manggis, durian, buah naga dan sirsak, dan permintaan ini segera ditindaklanjuti,”ungkap Atdag Irman.

Dalam pembukaan Paviliun Indonesia yang menempati lahan 40 meter persegi ini, hadir pula Duta Besar RI untuk PEA, Husin Bagis, Wakeppri M Aji Surya, Korfung Ekonomi, Korfung Pensosbud, Atdikbud beserta jajaran KBRI Cairo lainnya serta perwakilan PT PPI diantaranya Andry Tanudjaja, Direktur Komersil PT PPI, Serly dan Annisa Divisi Marketing Internasional PT PPI.(sur)