Kementerian ATR/BPN Terima Tanah dari Pemda untuk Pembangunan Kantah Kabupaten SBB

Kementerian ATR/BPN Terima Tanah dari Pemda untuk Pembangunan Kantah Kabupaten SBB

Ist

SHNet, SBB – Mendaftarkan seluruh bidang tanah di Indonesia merupakan mimpi besar pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Agar mendukung hal tersebut, perlu dukungan yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan. Salah satunya pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur Kantor Pertanahan di masing-masing kabupaten/kota.

“Kementerian ATR/BPN terus mengejar target Presiden Joko Widodo untuk mendaftarkan seluruh bidang tanah di Indonesia yang jumlahnya mencapai 126 juta bidang,” ujar Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra dalam sambutannya pada kegiatan penyerahan sertipikat redistribusi tanah di Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Sabtu (20/2).

Dalam rangkaian acara penyerahan sertipikat tanah hasil redistribusi, Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menyerahkan tanah pemerintah seluas 5.000 meter persegi kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Wilayah BPN Provinsi Maluku untuk pembangunan Kantor Pertanahan Kabupaten SBB. “Yang istimewa pada kesempatan ini, biasanya ATR/BPN yang memberikan sertipikat, tapi sekarang ATR/BPN juga terima sertipikat tanah dari Pemda,” kata Surya Tjandra.

Ia menuturkan Kabupaten SBB memang sudah seharusnya memiliki Kantor Pertanahan, tidak hanya Kantor Perwakilan Pertanahan. Hal ini ia tuturkan dikarenakan beberapa program kerja yang selalu mencapai target. 

“Dengan penambahan hasil kerja yang cukup signifikan, proses dari bulan Oktober sampai sekarang jadi sertipikat, ini merupakan harapan dari masyarakat sejak lama dan dalam tempo cukup singkat kita bisa hasilkan sertipikat redistribusi sebanyak ini serta target-target lain yang tercapai. Ini adalah bagian dari mimpi besar Presiden Jokowi untuk mendaftarkan seluruh bidang tanah di Indonesia,” ucap Surya Tjandra.

Dengan dukungan yang didapat dari Pemda, Kepala Kanwil BPN Provinsi Maluku mengatakan merupakan bukti nyata bahwa hadirnya Kementerian ATR/BPN sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. “Dukungan Pak Bupati sangat besar kepada kami, semua program di ATR/BPN dapat terlaksana walaupun dengan kondisi kantor yang masih perwakilan. Inilah bukti nyata ATR/BPN sangat dibutuhkan oleh Pemda dan masyarakat,” kata Toto Sutantono.

“Saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati. Selanjutnya, dalam situasi ini saya sangat bangga juga karena Pak Bupati akan langsung menyerahkan sertipikat tanah kepada ATR/BPN untuk membangun Kantor Pertanahan, dengan harapan Kantor Pertanahan di Kabupaten SBB segera didefinitifkan,” tambah Kepala Kanwil BPN Provinsi Maluku.

Harapan serupa juag disampaikan Bupati Kabupaten SBB, Yasin Payapo. Yasin berharap dengan didefinitifkannya Kantor Pertanahan di Kabupaten SBB dapat mendukung pembangunan yang berkelanjutan serta menunjang pelayanan pertanahan. “Besar harapan Pemda dan masyarakat Kabupaten SBB untuk mendefinitifkan kantor perwakilan pertanahan menjadi kantah yang definitif. Kami telah menyediakan tanah untuk pembangunan kantor tersebut seluas 5.000 meter persegi yang hari ini kami serahkan kepada Bapak Kakanwil di hadapan Pak Wamen guna kelanjutan pembangunan dan menunjang pelayanan pertanahan bagi masyarakat di Kabupaten SBB,” kata Yasin Payapo. (SP)