Menparekraf Uji Coba Langsung Triatlon di Mandalika

Menparekraf Uji Coba Langsung Triatlon di Mandalika

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan uji coba triatlon langsung di KEK Mandalika, Lombok, NTB, Sabtu (16/1/2021). (Ist)

SHNet, Lombok- Dalam kunjungan kerja ke Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno tak hanya meninjau penerapan protokol kesehatan (Prokes), pengembangan infrastruktur, desa wisata, melainkan juga turut mempromosikan keindahan alam lewat sport tourism.

Sandi bersama dengan tujuh orang lainnya melakukan uji coba langsung triatlon di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (16/1/2021).

Ia bangun pagi sekitar pukul 05.00 WIB dan melakukan pemanasan sebelum menyegarkan diri dengan berenang.

Mereka melakukan peregangan tubuh di hamparan pasir putih, Pantai Tanjung Aan. Lembayung mentari pagi menemani mereka berenang dengan jarak sekitar 500 meter

Setelah mencapai checkpoin yang telah ditentukan, Sandi dan peserta uji coba triatlon segera mengambil sepeda yang terparkir.

Meski melakukan ujicoba langsung triatlon di Mandalika, Menparekraf Sandiaga Uno tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes). (Ist)

Mereka pun segera menggowes dengan jarak sekitar 7 kilometer dari Pantai Tanjung Aan menuju Hotel Novotel Lombok.

Sepanjang trek sepeda Sandi tidak tergesa karena masih dalam uji coba Seraya menggoes sepedanya, Sandi menikmati indahnya pemandangan pesisir pantai yang kontras antara pantai, hijaunya pepohonan dan tebing di sepanjang perjalanan.

Sukses mencapai checkpoin akhir sepeda, Sandi melanjutkan perjalanan dengan berlari. Jarak yang ditempuhnya kali ini hanya sejauh 2,5 kilometer, mulai dari Hotel Novotel Lombok menuju Pantai Kuta Mandalika.

Uji coba langsung triatlon, Sandiaga ingin mempromosikan keindahan alam lewat sport tourism. (Ist)

“Kita baru saja menyelesaikan mini triatlon trial, jadi kami berenang di Tanjung Aan, kita bersepada, lalu finish lari di Pantai Kuta Mandalika. Ini bagian dari persiapan teman-teman komunitas sport tourism,” ujar Sandiaga seraya menyeka keringatnya.

Pria berusia 51 tahun ini menuturkan triatlon sengaja dilakukan demi mematangkan persiapan menyambut event-event yang dihelat sebelum MotoGP 2021 di Mandalika berlangsung.

“Untuk memulai Mandalika sebagai destinasi super prioritas. Hari ini kita buktikan bahwa tempat ini layak untuk sport tourism. Event-event akan kita gelar sepanjang tahun jelang MotoGP. Agar terdengar gaung promosi MotoGP,” imbuh Sandiaga.

Selama melakukan triatlon Sandiaga tidak lupa menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Semua ini kita lakukan dengan protokol kesehatan. Kita ingin mengingatkan masyarakat patuh 3M. Kita tadi mempraktekkan 3M. Mudah-mudahan acara teman-teman di NTB bisa diselaraskan dengan Kemenparekraf,” katanya. (Stevani Elisabeth)