Melalui Gerakan Tangan, Indahnya Tarian Ratoh Jaroe dari Aceh

Melalui Gerakan Tangan, Indahnya Tarian Ratoh Jaroe dari Aceh

SHNet, Jakarta – Ribuan orang penari yang terdiri dari para pelajar yang ada di Jakarta sudah berbaris membentuk formasi tertentu untuk menarikan salah satu tarian aceh, ratoh jaroe.

Sekitar 1700 penari dengan pakaian khas penari aceh ini berbaris memenuhi seluruh area Tugu Api. Dengan baju beraneka warna, para penari terlihat antusias untuk bersama-sama menarikan tari ratoh jaroe, salah satu tarian khas dari Aceh.

Begitu musik yang berisi syair-syair keagamaan yang dalam bahasa Aceh disebut Rapa’i mulai dimainkan, serentak seluruh penari melakukan gerakan yang kompak.

Gerakan tangan yang bergerak ke atas dan kebawah dan sesekali kepala yang juga bergerak ke kanan dan ke kiri membuat pertunjukan tari ratoh jaroe begitu semarak untuk disaksikan hal ini seperti dilansir dari IndonesiaKaya.

Dimana kreasi-kreasi gerakan yang kompak serta formasi yang rapih menjadikan sajian pertunjukan sekitar 1700 penari yang digagas Rumoh Budaya serta mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Aceh ini menjadi tontonan yang bagus untuk disaksikan.

Melihat Tari Ratoh Jaroe, sekilas memang mirip dengan tari saman yang begitu populer di Aceh. Namun, ada sedikit perbedaan pada gerakan di antara kedua tarian ini.

Jika pada tari saman gerakan lebih kepada menonjolkan gerakan badan sementara untuk tari ratoh jaroe lebih dominan gerakan-gerakan tangan serta gabungan dari gerakan badan. (maya han)