Dirlantas PMJ Kombes Sambodo : Setelah Adanya E-TLE Pelanggaran Lalin Menurun

Dirlantas PMJ Kombes Sambodo : Setelah Adanya E-TLE Pelanggaran Lalin Menurun

SHNet, Jakarta – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengklaim sejak adanya pemasangan kamera E-TLE atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di beberapa titik di Jakarta terjadi penurunan pelanggaran lalu lintas.

Menurutnya, pemasangan kamera elektronik tersebut sangat terbukti efektif.

“Kamera e-TLE ini sudah terbukti dalam meningkatkan disiplin lalu lintas. Di titik yang dipasang kamera etle ada penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas. Jadi efektifitas ini sangat efektif,” ungkap Sambodo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat (22/1).

Sejauh ini, kata Sambodo total ada 53 kamera E-TLE yang terpasang di sejumlah titik di Jakarta.

Namun, demikian pihaknya sudah mengajukan ke Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta untuk menambah pengadaan kamera.

Adapun, dia menyebut pihkanya bakal mengajukan 50 kamera. Itu merupakan tahap ketiga pengadaan kamera E-TLE.

“Di tahun 2021 kami ajukan proposal ke Pemda DKI untuk melanjutkan program E-TLE paling tidak penambahan kamera 50 lagi. Sehingga diharapkan di 2021 ini ada 100 lebih kamera di Jakarta,” katanya.

Sambodo memastikan, pihaknya bakal mengembangkan penggunaan kamera elektronik itu.

Tidak hanya dari jumlah kamera tetapi juga dari sisi pelanggaran apa yang bisa ditangkap atau ditilang.

“Tentu kami akan kembangkan bukan hanya dari jumlah kamera tetapi juga dari sisi jenis pelanggaran apa yang bisa ditangkap oleh kamera,” katanya.

Sambodo mengakui, saat ini kamera itu digunakan untuk memantau pelanggaran tertentu saja. Dia mencontohkan, melanggar stopline, melanggar lampu merah, dan tidak pakai shift belt.

Namun, dia memastikan kamera E-TLE itu bakal menangkap pelanggaran-pelanggaran lainya.

“Kalau sekarang kan tidak semua hanya pelanggaran tertentu aja misalnya menggunakan handphone melanggar stopline, melanggar lampu merah tidak pakai shift belt. Tentu ini akan kami kembangkan kamera ini juga bisa menangkap pelanggaran-pelanggaran lainnya,” pungkasnya. (maya han)