Buntut Kerumunan Acara Habib Riziek Shihab, Kapolri Copot Dua Kapolda

Buntut Kerumunan Acara Habib Riziek Shihab, Kapolri Copot Dua Kapolda

 

SHNet, Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dicopot dari jabatannya karena tidak menegakkan protokol kesehatan COVID-19. Tampaknya, pencopotan ini buntut dari acara kerumunan yang dilakukan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

“Ada dua Kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono di Mabes Polri pada Senin, 16 November 2020.

Pencopotan tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/3222/XI/KEP/ 2020 tertanggal 16 November 2020, tentang dari pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Irjen Nana Sudjan dicopot dari jabatan Kapolda Metro Jaya dan digantikan oleh Irjen M Fadil Imran yang sekarang menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Sementara, Nana ditugaskan sebagai Koorsahli Kapolri.

Kemudian, posisi Fadil Imran digantikan oleh Irjen Nico Afinta yang sekarang menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan. Sedangkan, posisi Kapolda Kalimantan Selatan diisi oleh Irjen Rikwanto.

Selain itu, Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya Kapolda Jawa Barat dan digantikan oleh Irjen Ahmad Dhofiri yang sebelumnya menjadi Aslog Kapolri. Kini, Rudy ditugaskan sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Sespim Lemdiklat Polri. (maya han)