Spanyol Jadi Negara Eropa dengan Kasus Covid-19 Lebih 1 Juta, Perancis Segera...

Spanyol Jadi Negara Eropa dengan Kasus Covid-19 Lebih 1 Juta, Perancis Segera Menyusul

Ilustrasi/Ist

SHNet, Jakarta – Enam minggu setelah menjadi negara Eropa barat pertama yang mencatat 500.000 kasus virus korona, kini Spanyol menjadi yang pertama mencatat kasus inveksi di atas satu juta di benua Eropa. Pada Rabu malam waktu setempat, negara itu mencatat total 1.005.295 infeksi.

Spanyol juga telah mencatat 575 kematian selama seminggu terakhir, menjadikan jumlah resmi kematian akibat Covid menjadi 34.366.

Pertentangan terjadi ketika pemerintah Spanyol mempertimbangkan jam malam, namun pertengkaran politik mengancam dan membahayakan upaya negara untuk menjinakkan gelombang kedua virus.

Pemerintah wilayah Madrid, yang menyumbang hampir sepertiga dari semua kasus Spanyol, telah terlibat dalam perselisihan dengan pemerintah pusat tentang bagaimana menangani kenaikan tersebut.

Berbicara pada Rabu pagi, presiden regional, Isabel Díaz Ayuso, menjanjikan “tindakan untuk menyatukan ekonomi dan kesehatan”. Ia menambahkan: “Bagi kami, yang paling penting adalah ekonomi tidak lagi menderita.”

Dilansir The Guardian, komentar Díaz Ayuso muncul tiga hari setelah dia meluncurkan plakat baru yang didedikasikan untuk mengenang “para korban Covid-19 dan terutama mereka yang meninggal sendirian”.

Sementara itu, Prancis jumlah infeksi covid di Perancis mendekati 1 juta kasus. Saat ini ada 999.744 infeksi yang dikonfirmasi di negara itu, dan 34.072 kematian.

Pada Rabu, Prancis mencatat lebih dari 25.000 infeksi baru untuk keenam kalinya dalam 12 hari, dengan kemungkinan pemerintah mengumumkan perpanjangan geografis dari jam malam yang saat ini diberlakukan di Paris dan delapan kota besar lainnya.

Beberapa daerah lagi akan memasuki status siaga, yang berarti mereka harus memberlakukan jam malam, kata pemerintah, Rabu. Itu terjadi ketika rumah sakit di beberapa kota termasuk Paris beralih ke mode darurat untuk mengatasi masuknya pasien dengan virus. (Ina)