Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel Sarankan Rute Ekonomi Baru

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel Sarankan Rute Ekonomi Baru

MENGUNJUNGI - Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel saat mengunjungi Sentra Batik di Kabupaten Kulon Progo DIY, Sabtu (12/9/2020). (Ist)

SHNet, JAKARTA – Dalam kunjungan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel ke Kabupaten Kulon Progo DIY pada Sabtu (12/9/2020), kelanjutan dari kunjungan sehari sebelumnya ke kediaman Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rachmat menyarankan adanya rute ekonomi baru ke sentra-sentra usaha rakyat.

Salah satunya ke sentra Sembung Batik di Kecamatan Lendah. Dengan adanya rute itu, wisatawan akan tinggal lebih lama dan belanja lebih banyak sehingga pendapat asli daerah akan meningkat.

“Wisatawan bisa menginap di home stay, belajar membatik dan menikmati kuliner lokal. Dengan masa tinggal yang lebih lama, tentu pembelanjaan mereka meningkat. Ini juga akan menciptakan lapangan kerja baru di sektor pariwisata,” ujar Rachmat yang pernah menjadi utusan khusus Presiden untuk kerja sama Indonesia-Jepang ini kepada media, Minggu (13/9/2020).

Kabupaten Kulon Progo memang harus bersiap merespons peluang ekonomi dari dioperasikannya Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Terbuka konektivitas langsung dengan dunia internasional membawa peluang sekaligus tantangan yang harus dikelola dengan cermat untuk kesejahteraan rakyat.

Lahir dan besar di keluarga industri, Rachmat mengaku bisa merasakan tekanan yang dirasakan pelaku IKM selama krisis. Sebelum menjadi wakil rakyat di Senayan, Rachmat menjadi Ketua KADIN Indonesia bidang logam, mesin, kimia dan elektronik selama dua periode.

“Walau sejarah dan perjalanannya sedikit berbeda dengan teman-teman di sini, saya juga orang industri, Saya bisa merasakan tekanan yang kini dirasakan IKM. Karena kita harus bekerja sama, saling memberi ide. Nah, dengan begitu bantuan atau stimulus pemerintahakan lebih efektif. Saya yakin IKM akan bertahan dan bangkit dari krisis,” ujar Rachmat. (Nonnie Rering)