Wakil Dubes RI untuk Rusia Temui Mahasiswa Indonesia di Kota Samara-Rusia

Wakil Dubes RI untuk Rusia Temui Mahasiswa Indonesia di Kota Samara-Rusia

Wakil Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarusia, Azis Nurwahyudi (kelima dari kiri) menemui para masiswa asal Indonesia yang menuntut ilmu di Kota Samara,Rusia, Kamis (17/9). Kunjungan Wakil Dubes ini dalam rangka silaturahmi sekaligus promosi 10 destinasi baru unggulan Indonesia dan menemui Kepala Pusat Informasi Pariwisata Provinsi Samara yang juga menjabat sebagai Kepala Proyek Pengembangan Pariwisata Daerah-The Union of Tourism and Hospitality Provinsi Samara.

SHNet, Samara-Rusia- Wakil Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarus, Azis  Nurwahyudi  dalam kunjungan ke Kota Samara, Rusia, untuk promosi pariwisata Indonesi, juga dimanfaatkan untuk bertemu dengan para mahasiswa Indonesia yang studi di beberapa perguruan tinggi di kota Samara, Kamis (17/9). Pertemuan tidak hanya untuk menjalin silaturahmi dengan para mahasiswa Indonesia, tetapi juga untuk memastikan secara langsung kondisi mereka di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini.

Terdapat 6 mahasiswa Indonesia di kota Samara yang sedang menempuh pendidikan S1 jurusan Aeronautical Engineering, Rocket Complexes and Space Science dan Oil and Gas Engineering.

“Kami sangat senang dikunjungi tim dari KBRI Moskow dan dapat bercerita mengenai pengalaman keseharian kami maupun memperoleh berbagai informasi dan hal yang bermanfaat untuk kami ketahui dari bapak dan ibu tim KBRI Moskow”, ungkap Ilham Putra Ardiansyah, salah satu mahasiswa Indonesia asal Papua yang mengambil jurusan Rocket Complexes and Space Science yang juga menjadi Ketua Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) Cabang Samara.

Pada kesempatan ini tim KBRI Moskow membagikan bingkisan makanan dan masker serta vitamin kepada para mahasiswa Indonesia tersebut.

Provinsi Samara memiliki populasi sekitar 3,2 juta jiwa. Samara berjarak 1.066 kilometer ke arah tenggara kota Moskow dan dapat ditempuh dengan 1 jam 45 menit penerbangan dari Moskow. Daerah ini dikenal dengan kemajuan industri tingkat tinggi kedirgantaraan dan angkasa luar serta industri makanan dan minuman di Rusia. Roket Soyuz merupakan produk kebanggaan industri kedirgantaraan dan luar angkasa daerah ini.

Kota Samara sebagai ibukota provinsi dengan populasi sekitar 1,2 juta jiwa berada di tepi salah satu sungai utama di Rusia, yaitu Sungai Volga yang bermuara ke Laut Kaspia. Terdapat beberapa obyek wisata menarik serta alam yang indah di daerah ini.(sur)