Setelah Aglaonema, Coconat Bonsai Saat Ini Ramai Dicari Penggemar Tanaman Hias

Setelah Aglaonema, Coconat Bonsai Saat Ini Ramai Dicari Penggemar Tanaman Hias

SHNet, Jakarta – Diera sekarang ini hobi berkebun dirumah sudah menjadi tren masyarakat, jika sebelumnya jenis tanaman hias aglaonema sangat digandrungi saat ini para penggemar tanaman hias mulai berinovasi menanam jenis tanaman lain untuk dijadikan tanaman hias. Adalah jenis tanaman bonsai coconat atau bonsai kelapa yang mulai ramai dibicarakan dan dicari untuk dijadikan koleksi tanaman hias.

Coconat bonsai merupakan sebuah teknik untuk mengerdilkan tanaman yang berasal dari buah kelapa, membuat tanaman coconat bonsai memerlukan keahlian yang khusus namun membuat tanaman jenis ini tidaklah terlalu sulit hanya saja memerlukan waktu yang cukup panjang serta usaha dan ketelatenan dari yang menanam agar mendapatkan hasil sempurna.

Dilansir dari laman Dekoruma.com
Sebelum membuat bonsai kelapa, pertama yang harus diketahui adalah jenis pohon kelapa apa saja yang cocok untuk dijadikan tanaman bonsai. Jenis pohon kelapa yang paling umum dijadikan bonsai adalah kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino. Sesuai dengan namanya, kelapa gading merah memiliki warna yang merah kekuningan.

Langkah selanjutnya menanam bonsai coconat, setelah memilih jenis kelapa yang akan ditanam, anda juga harus memilih kelapa yang sudah tua dan telah memiliki tunas. Setelah itu bersihkan sabut kelapa dari batok lalu siapkan media untuk menanam.

Setelah tunas tumbuh lebih tinggi hal yang harus dilakukan adalah membentuk bonsai kelapa menjadi tanaman hias yang diinginkan. Proses penyayatan bagian tunas setelah bibit tumbuh sekitar 15 – 20 cm. Proses sayat harus dilaukukan hati-hati agar tidak terkena tunas yang masih muda, dan proses ini dilakukan beberapa waktu. Dalam proses ini juga tanaman harus rutin diberikan pupuk secara berkala dan penyiraman agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Sangat mudah bukan untuk menanam coconat bonsai sendiri dirumah, anda pun bisa mencobanya. (Ina)