Salip Brasil, Angka Inveksi Covid-19 di India Nomor Dua di Dunia

Salip Brasil, Angka Inveksi Covid-19 di India Nomor Dua di Dunia

SHNet, Jakarta – India menyusul Brasil dalam jumlah infeksi virus korona pada hari Senin. Dengan demikian, India kini menjadi nomor dua setelah Amerika Serikat.

Meski terjadi lompatan besar, pemerintah tetap melanjutkan layanan kereta bawah tanah dan mengumumkan rencana untuk membuka kembali Taj Mahal bulan ini.

Dilansir Reuters, pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi, yang menghadapi pandemi yang tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, telah memilih untuk mengakhiri sebagian besar pembatasan dalam upaya untuk menghidupkan kembali ekonomi yang berada dalam masalah besar setelah penguncian (lockdown) yang parah.

Negara terpadat kedua di dunia ini mencatatkan lebih dari 90.000 kasus pada hari Senin, sehingga melewati angka 4,2 juta, lebih dari 68.000 di atas Brasil.

Diperkirakan, India dapat melampaui angka A.S. 6,2 juta pada bulan depan karena penyakit itu menyebar dari kota-kota besar Delhi dan Mumbai ke pedalaman yang luas di mana dua pertiga dari 1,3 miliar penduduk India tinggal, kata para ahli.

“Sekarang ini menjadi beban ganda,” Rajib Dasgupta, seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas Jawaharlal Nehru Delhi mengatakan kepada Reuters.

“Daerah perkotaan tidak melambat, dan daerah pedesaan meningkat.” Namun, jumlah korban tewas di India mencapai 71.642, jauh di belakang hampir AS yang tercatat sebanyak 193.000 orang dan 126.000 di Brasil.

Pemerintah mengatakan tingkat pemulihan yang tinggi menunjukkan strategi pengujian, penelusuran, dan pengobatannya berhasil. (Ina)