Rachmat Gobel Optimistis IKM Jawa Tengah dan DIY Bangkit dari Krisis

Rachmat Gobel Optimistis IKM Jawa Tengah dan DIY Bangkit dari Krisis

BERDIALOG - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel (kiri) saat berdialog dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kediaman Gubernur Jawa Tengah itu di Semarang Jamat (11/9/2020). (Dok/SHNet)

SHNet, JAKARTA – Bicara beberapa krisis ekonomi yang pernah terjadi, Indonesia sudah melewatinya. Dari perjalanan sejarah itu, terbukti industri kecil dan menengah (IKM) tangguh dan menjadi pilar pertahanan ekonomi nasional. Keterlibatan rakyat, kearifan lokal, serta kedekatan dengan bahan baku jadi modal IKM memberdayakan ekonomi rakyat.

Pun dengan kondisi di Jawa Tengah. Sentra ukiran di Jepara, pusat batik di Pekalongan, dan berbagai pusat usaha kuliner rakyat telah menjadi tempat berlindung rakyat dari terpaan krisis. Tentu bukan situasi yang mudah, tapi sifat gotong royong yang telah lama menjadi cara hidup membuat tantangan krisis ini dihadapi dalam kebersamaan.

Demikian intisari dialog Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kediaman gubernur Jawa Rengah itu di Semarang (11/9). Selain membahas ketahanan dan masa depan IKM, kedua tokoh ini juga membahas mengenai investasi dan RUU Omnibus Law.

“Saya mengunjungi sentra IKM di Jawa tengah, mulai sektor handicraft, meubel, tekstil, batik, dan juga sektor kuliner yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota,” cerita Rachmat Gobel kepada media, Minggu (13/9/2020).

Politisi Partai NasDem ini menjelaskan, tujuannya datang langsung ke sentra IKM di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyerap aspirasi dari para pelaku IKM, sehingga masukan mereka bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam perumusan RUU Omnibus Law.

“Pemerintah pusat dalam menarik Investasi jangan hanya terfokus pada usaha besar, tapi harus juga memperhatikan investasi untuk usaha rakyat. Hal ini harus kita kawal agar industri kecil tetap hidup dan berkembang, apalagi IKM yang terdampak pandemi Covid-19,” jelas Rachmat Gobel.

Ganjar Pranowo mengapresiasi kunjungan Rachmat Gobel di Jawa Tengah untuk melihat langsung suasana kebatinan masyarakat yang ada kaitannya dengan RUU Omnibus Law, khususnya tentang investasi.

“Kunjungan Pak Rachmat Gobel sangat penting untuk masyarakat tahu, dan tadi kami bukan hanya berbicara tentang investasi, tapi juga membicarakan ketenagakerjaan, bagaimana kira-kira menegosiasikan sistem upah yang semua bisa happy, pengusaha happy, buruh happy, dan pemerintah happy,” kata Ganjar.

Setelah bertemu pertemuan tersebut, Rachmat Gobel langsung melanjutkan perjalanannya ke sentra IKM meubel di Jepara dan Kota Salatiga. Setelah itu,anggota DPR RI kelahiran Gorontalo ini akan melihat sentra kuliner di Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta di DIY. (Nonnie Rering)