Oncom, Terbuat dari Limbah Namun Bergizi Tinggi

Oncom, Terbuat dari Limbah Namun Bergizi Tinggi

SHNet, Jakarta – Makanan fermentasi? Biasanya kebanyakan orang akan menyebutkan tempe, benar sekali. Namun selain tempe ada juga makanan fermentasi yang juga tak kalah populer di Indonesia, adalah oncom.

Oncom adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Dilansir dari Wikipedia

Oncom dibuat dari sisa pembuatan makanan lainnya, biasa disebut limbah. Limbah kacang dari pembuatan tempe, ampas tahu, ampas singkong dan lainnya. Pembuatan oncom mirip dengan pembuatan tempe. Oncom difermentasi dengan menggunakan bantuan kapang sebagai mikroorganismenya, pembuatan oncom dinyatakan selesai setelah kapang menghasilkan spora.

Apa itu kapang? kapang merupakan jenis jamur yang membantu proses fermentasi makanan, kapang bermanfaat untuk meningkatkan zat gizi bahan pangan melalui proses fermentasi.

Oncom yang ada dipasaran biasanya berwarna merah, namun ada juga oncom yang berwarna hitam. Oncom merah terbuat dari ampas tahu, sedangkan oncom hitam, biasanya terbuat dari bungkil kacang tanah yang dicampur ampas singkong.

Oncom memiliki gizi yang cukup tinggi. Mengkonsumsi oncom sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, karena oncom mengandung protein, lemak, dan serat. Oncom dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti dijadikan lauk pendamping nasi. Tumis pedas oncom, sambal oncom biasanya di padukan dengan leunca, akan menambah kenikmatan makan jika masakan oncom disandingkan dengan nasi hangat. (Ina)