Nikmatnya Asinan Legendaris Betawi

Nikmatnya Asinan Legendaris Betawi

SHNet, Jakarta – Sudah terkenal seantero negeri jika Indonesia selain kaya akan sumber daya alamnya, Indonesia juga kaya akan keberagamaan kulinernya. Yang tentunya memiliki rasa yang unik dan lezat, inilah yang menjadi daya tarik setiap orang untuk mencicipinya. Salah satu diantaranya adalah asinan legendaris khas Betawi.

Asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan adalah salah satu hidangan khas seni kuliner Indonesia. Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak, perbedaan utamanya antara lain bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar. Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Betawi dan Asinan Bogor. Asinan dapat ditemukan dijual di rumah makan, warung, dan pedagang keliling di Indonesia. Dilansir dari Wikipedia

Asinan khas Betawi adalah asinan berbahan dasar sayuran dan ada pula yang berbahan baku buah. Untuk asinan sayuran, bumbunya hanya dibuat dari kacang yang telah digiling, gula, air sama cuka. Untuk sayuranya menggunakan kol, toge, tahu, timun, dan daun selada tanpa dimasak kemudian disiram dengam bumbu yang sudah dihaluskan, dan tak lupa diberikan toping kerupuk kuning khas Betawi.

Sedangkan asinan buah khas Betawi hanya menggunakan buah segar dalam empat varian yakni, bengkuang, kedondong, manga dan nanas. Cara membuatnya pun cukup mudah, bumbu yang digunakan adalah air, gula pasir,asam Jawa, gula Jawa. Dan untuk bumbu halus yang digunakan adalah cabai rawit merah, cabai keriting dan terasi bakar secukupnya.

Asinan khas Betawi mempunyai citarasa segar, asin, asam, pedas. Sangat cocok dinikmati pada siang hari. Jika sedang berkunjung ke Jakarta jangan lupa mencicipi kuliner segar dan tentunya juga sehat ini ya. (Ina)