Dubes-dubes Asia Gelar “Sharing Session” soal Pandemi Covid-19 di Slowakia

Dubes-dubes Asia Gelar “Sharing Session” soal Pandemi Covid-19 di Slowakia

Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso, keempat dari kiri, pada sharing session tentang Covid-19 yangdiikuti para Dubes Asia di Bratislava, Rabu (24/9).

SHNet,Bratislava-Di masa pandemi Covid-19 ini, Kedubes Asia di Bratislava yaitu China, India, Indonesia, Jepang, Korea dan Vietnam menyelenggarakan Asian Day berupa sharing session mengenai situasi terkini Covod-19 di masing-masing negara di Danubiana Museum Bratislava, Slowakia, Kamis(24/9)

Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso pada sharing session menginformasikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup memprihatinkan terdampak pandemi Covid-19. Indonesia berada pada urutan ke-23 di dunia dan ke-4 di Asia. Disampaikan pula bahwa pada tingkat nasional, Indonesia telah membentuk konsorsium untuk mempercepat penemuan vaksin Covid-19 yang dinamakan Vaksin Merah Putih. Pada tataran internasional, diplomasi Indonesia kini menekankan pada Diplomasi Vaksin demi akses yang lebih mudah dan cepat untuk memperoleh vaksin Covid-19, dan telah bekerjasama dengan Sinovac dan G-42 Sinopharm. Untuk itu, KBRI Bratislava akan menjajaki peluang kerja sama dengan Slowakia untuk vaksin Covid-19 dan rapid test kit.

Kegiatan sharing session dipandu oleh Pavol Demes, mantan Menteri Luar Negeri Slowakia dan didukung oleh Tourism Board Bratislava. Pada kesempatan tersebut masing-masing Dubes dari tiap negara Asia memaparkan kondisi Covid-19 dan kebijakan pemerintahnya dalam mengatasi pandemi yang terjadi. Kegiatan juga dirangkai dengan kunjungan untuk melihat koleksi museum Danubiana kepada seluruh tamu yang hadir. Tamu-tamu juga dijamu dengan berbagai makanan khas seperti sushi (Jepang), samosa (India), spring-roll (Vietnam), moon cakes (China), sweet snacks (Korea), serta dadar gulung dan risol (Indonesia)

Apresiasi positif disampaikan oleh para tamu yang hadir dari kalangan Kementerian Luar Negeri Slowakia, kalangan diplomatik, lembaga think thank atas inisiatif sharing session ini. Menurut mereka, sharing session mengenai pandemi Covid-19  memberikan informasi terkini dan pemahaman atas langkah tindak lanjut penanganan pandemi kepada publik Slowakia.(sur)