Asiknya Bersantai di Wisata Alam Bendungan Watervang.

Asiknya Bersantai di Wisata Alam Bendungan Watervang.

SHNet, Jakarta – Lubuklinggau merupakan kota yang ada di dalam Provinsi Sumatera Selatan. Kota yang menyimpan banyak potensi alam yang memukau, salah satu diantaranya adalah bendungan peninggalan bangsa kolonial Belanda, Watervang.

Saat ini watervang yang merupakan nama dari bendungan air di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. menjadi tempat pariwisata favorit masyarakat setempat dan masyarakat sekitar kota.

Watervang adalah kelurahan yang berada di kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan, Indonesia. Nama kelurahan ini diambil dari sebuah bendungan buatan Belanda yang berada di Sungai Kelingi. Dalam bahasa Belanda, nama Watervang berarti “tangkapan air”. Dilansir dari Wikipedia

Watervang adalah nama bendungan dari bahasa Belanda yang berarti perangkap air, bendungan Watervang yang berfungsi sebagai irigasi air untuk pertanian masyarakat sekitar ini menjadi destinasi wisata alternatif yang paling mudah dikunjungi. Terletak di pusat kota dan tentunya dengan pemandangan yang masih alami. Karena terletak di pusat kota fasilitas lokasi wisata pun sangat mendukung.

Disekeliling bendungan Watervang banyak penjaja makanan, namun satu yang dianggap masyarakat sekitar adalah kuliner khas Watervang, pecel Watervang. Dikatakan kuliner khas Watervang karena penjual telah berdagang puluhan tahun dilokasi wisata dengan tempat, menu dan rasa yang selalu sama. Sehingga masyarakat sekitar kota mengenal kuliner ini dengan nama pecel Watervang.

Deburan air sungai kelingi yang mengalir di bendungan Wartervang sering mengalami pergantian debit air dikarenakan musim. Jika musim kemarau debit air akan menurun namun jika musim hujan tiba tentunya debit air akan naik. Jika ingin mengunjungi bendungan Watervang lebih baik jika datang pada saat cuaca cerah, bersantai dibawah pohon yang rindang, diterpa angin yang sejuk, memandang kearah bendungan serta sambil menikmati pecel Watervang yang khas. Rasanya akan asik sekali bukan, jika sedang berada di kota Lubuklinggau mampirlah sejenak ke Bendungan Watervang, bersantai melepas penat sejenak dari hiruk pikuk kota. (Ina)