Artis Legenda Maluku Yopie Latul Tutup Usia Karena Sakit

Artis Legenda Maluku Yopie Latul Tutup Usia Karena Sakit

HIDUP - Almarhum Yopie Latul semasa hidup bersama adik sepupunya, Franky Latul. (Dok/SHNet)

SHNet, JAKARTA – Begitu ganasnya covid-19 menghantam dunia, bahkan Indonesia. Setelah memakan sejumlah korban, Rabu (9/9/2020) tepat pukul 16.05 WIB, musisi Yopie Latul akhirnya tutup usia dengan status positif Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Sentra Medika, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sebelum menjalani perawatan, Yopie yang kelahiran Ambon, Maluku 7 September 1952 ini sudah dinyatakan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Pria bersuara merdu ini kabarnya tertular saat mengisi acara pujian kemerdekaan di salah satu hotel di kawasan Lido, Cigombong, Kabupaten Bogor.

Ini dibenarkan adik sepupunya, Franky Latul yang menyatakan kalau Almarhum Yopie Latul sebelum meninggal dunia, sempat mengisi sebuah acara bersama Sound of Curly band pengiringnya.

“Memang benar Yopie masuk rumah sakit sejak dua hari lalu di rumah sakit Cibinong karena OTG. Bisa saja di tracking, itu dari Lido waktu acaranya Pendeta Gilbert Lumoindong. Acara pujian untuk kemerdekaan,” jelas Franky yang saat Yopie menghembuskan nafas terakhir masih berada di Bandung.

“Dari kabar yang saya dengar dari saudara-saudara di Jakarta, selain Yopie, disitu juga ada mama Uthe (Ruth Sahanaya) dan Sound of Curly bandnya,” jelas Franky yang sontak bergegas menuju Jakarta. Masih menurut Franky lagi, ada kemungkinan dua orang dalam anggota bandnya juga ikut terpapar Covid-19.

“Kemungkinan besar ada dua orang dari band-nya Sound of Curly juga terpapar, cuma karena mereka masih muda jadi imunnya masih bagus sehingga hanya butuh karantina,” kata Franky.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah, saat diminta komentarnya justru tak mau bicara banyak.

“Kalau secara medis untuk melihat paparan (penularan Covid-19) tak bisa dari satu tempat atau kejadian. Harus dilihat 2 minggu ke belakang,” katanya sembari menyudahi pembicaraan.

Menurut Franky, rencananya jenazah penyanyi lagu Enggo Lari, Kembalikan Baliku, dan Poco Poco ini akan dikremasi di RS Cibinong dan abunya akan disemayamkan di TPU Tanah Kusir pada Kamis (10/09/2020) siang. Yopie pergi meninggalkan seorang istri, enam orang anak dan 10 orang cucu. (Nonnie Rering)