Remis, Sikerang Sungai Yang Lezat dan Kaya Manfaat

Remis, Sikerang Sungai Yang Lezat dan Kaya Manfaat

SHNet, Jakarta – Masyarakat di Indonesia umumnya mengenal jenis kerang terutama kerang laut seperti kerang laut, kerang ijo atau kerang hijau dan banyak lainnya. Namun ada satu kerang sungai yang tak kalah lezat jika diolah menjadi masakan dan tentunya mempunyai manfaat yang luarbiasa banyak bagi kesehatan manusia.

Adalah remis yang merupakan kelompok kerang yang hidup di air tawar. Biasanya berada di sungai-sungai, kolam ataupun di perairan sawah. Remis mempunyai bentuk yang sedikit mirip dengan kerang dara, remis mempunyai cangkang yang cukup kuat dan simetris, bentuk cangkang remis agak bundar.

Remis cukup digemari masyarakat di pedesaan Merasi, yakni Desa yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Masyarakat Desa disekitaran Merasi biasa mencari remis di sungai-sungai perairan sawah dan kolam ikan, biasanya remis dijual lagi ke pengepul.

Remis banyak dijual di sekitaran Desa di Merasi baik dalam bentuk mentah ataupun remis dalam keadaan matang. Biasanya remis diolah menjadi makanan dengan bumbu pedas, remis bisa di santap langsung ataupun dijadikan lauk pendamping nasi. Remis mempunyai rasa yang tidak kalah enak dari kerang laut, jika sudah diolah menjadi masakan dan ditambahkan bumbu tentunya.

Remis banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya remis memiliki kandungan protein yang tinggi.

Kandungan protein yang terkandung didalam remis dapat membantu untuk mengikat lemak dan dapat meningkatkan energi pada tubuh. Selain itu dapat stamina dan baik bagi penambahan massa otot pada tubuh.

Remis juga Kaya akan kandungan selenium, yang berguna sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas. Diketahui remis juga mengandung vitamin A dan tentunya baik bagi kesehatan mata. (Ina)