Pesona Lumba-lumba di Teluk Kiluan

Pesona Lumba-lumba di Teluk Kiluan

SHNet, Jakarta – Indonesia adalah negeri yang indah, memiliki tanah yang subur dan juga banyak lautan nya menyimpan pesona bahari yang menawan. Yuk, melirik salah satu wisata bahari yang indah di Lampung. Lokasi wisata ini sudah banyak dikenal oleh para pencinta wisata alam pantai termasuk wisatawan dari luar negeri, lokasinya pun telah ditandai di dalam Google Maps sehingga para pengunjung dapat dengan mudah mencari lokasi wisata ini.

Teluk yang memiliki keindahan bahari yang luarbiasa dan hewan lumba-lumba yang ramah sebagai penghuninya. Adalah Teluk Kiluan namanya.

Teluk Kiluan adalah pantai yang terletak di Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Sudah terkenal sampai ke manca negara teluk ini dihuni banyak lumba-lumba yang ramah. Lokasi wisata Teluk Kiluan berjarak sekitar 76 km dari Kota Bandara Lampung atau dapat ditempuh selama 3 jam perjalanan darat, bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat.

Fasilitas yang tersedia dilokasi wisata ini terbilang cukup lengkap walaupun tidak semewah fasilitas yang ada di tempat wisata bahari seperti Bali. Untuk cottage telah banyak tersedia disana namun tentunya dengan kondisi yang sederhana, rumah-rumah warga pun banyak yang di sewakan untuk para pengunjung jika ingin bermalam disana. Jika menyewa cottage, untuk urusan makan pengunjung harus mencari sendiri namun jika menyewa rumah warga biasanya pemilik rumah akan menawarkan jasa untuk menyediakan makan 3 kali sehari. Biaya yang ditawarkan pun cukup bervariasi antara 150 ribu sampai 500 ribu permalam, tergantung fasilitas penginapan yang diberikan dan tentunya kepandaian pengunjung ber negosiasi harga pada pemilik rumah. Untuk tiket masuk kelokasi wisata cukup murah, hanya lima ribu rupiah per orang. Biaya sewa perahu untuk menyembrang ke pulau sebesar lima belas ribu rupiah per orang, dan untuk parkir menginap, biasanya kendaraan yang titipkan di Dusun Bandung Jaya sebesar dua puluh ribu rupiah.

Biasanya tujuan utama para pengunjung datang kelokasi wisata ini adalah ingin melihat lumba-lumba dilaut lepas, untuk melihat lumba-lumba pengunjung harus berangkat sekitar pukul 5.30 pagi dengan perlengkapan lengkap seperti pelampung yang biasanya disewakan juga dari tempat menyewa perahu atau sering disebut masyarakat sekitar Jukung. Menyaksikan lumba-lumba pengunjung biasanya akan membawa serta kamera agar dapat mengabadikan momen yang sangat jarang di dapat. Menyaksikan lumba-lumba yang berenang bak menari dilautan lepas, sungguh pemandangan yang luar biasa bukan. Puluhan bahkan ratusan lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba snipper jika sedang beruntung dapat pengunjung jumpai di tengah laut. Lumba-lumba di sini akan berenang disisi-sisi perahu yang dinaiki pengunjung, sangat keren sekali bukan.

Selain itu kegiatan air yang dapat dilakukan di lokasi wisata ini adalah ber snorkeling, bermain pasir dan tentunya berswafoto. Para pengunjung juga dapat menikmati Pulau Kiluan yang terletak di seberang dan berenang pada laguna yang ada di pinggir pantai.

Sangat rekomendasi sekali lokasi wisata ini untuk dikunjungi. Jika pantai menjadi destinasi wisata yang akan anda datangi, masukan teluk kiluan ke dalam list nya ya. (Ina)