Pasar Desa Tanding Marga Mampu Gerakkan Ekonomi Desa

Pasar Desa Tanding Marga Mampu Gerakkan Ekonomi Desa

Pasar Desa Tanding Marga, Kabupaten PALI, Sumatera Selatan. (Dok.sininews.com)

SHNet, Jakarta– Pemerintah Desa Tanding Marga, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatra Selatan, mampu menggerakkan ekonomi desa dengan membangun pasar tradisional. Pasar tersebut dibuka setiap Rabu.

Pada hari pasar tersebut, para pedagang dan pembeli ramai berdatangan. Gedung pasar berkapasitas 30 lapak dagangan.belum mampu menampung semua pedagang sehingga sebagian pedagang menggelar dagangan di halaman parkir pasar.

Pemerintah Desa Tanding Marga terus menata dan memperbaiki fasilitas pasar sektor ini mampu menyumbang pendapatan asli desa (PADes).

Inovasi pasar desa juga meningkatkan kesejahteraan para pengelola, perangkat desa, serta warga desa kami. Tak heran, Desa Tanding Marga terus memprioritaskan infrastruktur berupa kontruksi bangunan gedung supaya memberikan kenyamanan pada para pedagang.

Pemerintah Desa Tanding Marga juga membangun fasilitas untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jumlah siswa PAUD selalu meningkat dari tahun ke tahun sehingga peluang untuk melajutkan ke jenjang berikutnya juga meningkat. Selain itu, ada juga fasilitas berupa gedung olahraga.

Kian mewabahnya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) membuat Anggaran Dana Desa dialihkan untuk Bantuan Langsung Tunai agar mobilitas masyarakat desa tetap berjalan baik. Musyawarah desa memutuskan untuk memberikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 206 kepala keluarga yang terbagi empat (4) dusun.

Langkah Desa Tanding Marga mendapat apresiasi positif dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Desa musti terus berinovasi untuk meningkatkan perekonomian dan memanfaatkan potensi desa seperti Desa Tanding Marga. (Stevani Elisabeth)