Parijoto, Tanaman Hias Yang Populer Karena Manfaatnya

Parijoto, Tanaman Hias Yang Populer Karena Manfaatnya

SHNet, Jakarta – Mewabahnya tren menanam tanaman hias seperti aglaonema, kaktus dan jenis lainnya membuat para pencinta nya ikut mengenali, mempelajari jenis-jenis tanaman hias yang baik ditanam di sekitar area rumah dan tentunya mengenali apa manfaatnya bagi sekitar. Salah satu tanaman hias yang lagi populer karena keindahan tanamannya dan manfaatnya saat ini adalah Parijata atau biasa orang-orang menyebutnya dengan nama Parijoto.

Dilansir dari wikipedia, Parijata (Medinilla speciosa) adalah tumbuhan epifit menahun dalam marga Medinilla, suku Melastomataceae. Tanaman ini tidak memiliki subspesies. Buahnya mengandung antioksidan dan beta-karotena dalam kadar yang signifikan,[butuh rujukan] sehingga dipercaya akan meningkatkan kesuburan kehamilan.

Tanaman Parijoto ada yang telah dibudidayakan oleh masyarakat di Kabupaten Kudus dan adapula yang tumbuh liar di daerah dataran tinggi, biasanya tumbuh subur pada ketinggian 800 sampai 2.300mdpl. Tanaman parijoto banyak ditemukan pada dataran tinggi di Indonesia, seperti Gunung Muria Jawa Tengah. Persebaran tanaman parijoto ini juga hidup di Kalimantan dan Filipina, buah dari tanaman parijoto biasanya disebut dengan nama anggur Asia.

Tanaman parijoto dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia diantaranya sebagai obat kesuburan dan kehamilan.

Tanaman Parijoto populer di Eropa, Amerika dan Asia, sebagai tanaman hias dengan harga pasar yang cukup tinggi. Sedangkan di Indonesia tanaman parijoto selain dijadikan tanaman hias juga dijadikan bahan obat herbal bagi kesehatan manusia. Karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan terutama untuk lehamilan tanaman parijoto banyak diburu oleh kalangan ibu rumah tangga, bukan hanya dijadikan sebagai tanaman hias namun juga jika tanaman berbuah, buahnya untuk dikonsumsi. (Ina)