Mengolah Daging Agar Empuk, Gunakan Daun Ini Saja!

Mengolah Daging Agar Empuk, Gunakan Daun Ini Saja!

SHNet, Jakarta – Hari raya Idul Adha yang jatuh pada akhir bulan juli kemarin tepatnya pada tanggal 31 Juli 2020 hari jumat, tentunya masyarakat muslim telah mendapat jatah pembagian hewan kurban. Biasanya hewan kurba di Indonesia adalah kambing dan sapi.

Agar daging dapat empuk, ada beberapa cara mengolahnya. Salah satunya dengan membungkus daging dengan daun pepaya. Semua pasti mengenal daun pepaya bukan, daun yang mempunyai rasa pahit namun memiliki segudang manfaat.

Ini dikarenakan daun pepaya dapat digunakan dalam mengempukkan daging. Daun pepaya mengandung Enzim papain yang dapat berfungsi sebagai memecah protein dan melunakkan serat daging. Cara mengolahnya pun cukuplah mudah, cukup bungkus daging kambing atau sapi dengan daun pepaya. Sebelum digunakan untuk membungkus, daun pepaya diremas terlebih dahulu sampai getah yang ada pada daun keluar. Setelah daging dibungkus daun pepaya, diamkan daging  sekitar 1 jam sebelum dimasak.

Diketahui pula daun pepaya selain berfungsi dapat mengempukan daging, daun pepaya juga dapat digunakan sebagai media menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Cara yang digunakanpun juga sama, cukup membungkus daging dan diamkan beberapa saat. (Ina)