Max Verstappen Catat Kemenangan Perdana Musim Ini di Silverstone

Max Verstappen Catat Kemenangan Perdana Musim Ini di Silverstone

STRATEGI - Max Verstappen dengan strategi pitstop dan ketrampilan menjaga usia bannya, finis dengan waktu 11,326 detik di depan Lewis Hamilton yang harus puas keluar sebagai runner-up. (Formula1.com)

SHNet, SILVERSTONE – Pembalap asal Belanda, Max Verstappen mencatat kemenangan pertamanya musim ini setelah juara di Grand Prix (GP) Formula 1 (F1) ke-70 di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (9/8/2020).

Pembalap yang membela Tim Red Bull itu start dari P4 dengan ban hard dan mengangkangi duet Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, yang dominan selama sesi latihan bebas dan kualifikasi, dengan ban medium di awal lomba.

Verstappen dengan strategi pitstop dan ketrampilan menjaga usia bannya, finis dengan waktu 11,326 detik di depan Lewis Hamilton yang harus puas keluar sebagai runner-up.

Sementara Bottas, yang start dari pole position, melengkapi podium hari itu di peringkat tiga, tujuh detik di belakang rekan satu timnya, seperti dilansir Formula1.com

Degradasi ban dan suhu udara menjadi tantangan utama Mercedes di Grand Prix perayaan hari jadi ke-70 F1 itu karena Pirelli membawa kompon ban yang lebih lunak satu tingkat ketimbang yang mereka sediakan di balapan akhir pekan lalu, yang dimenangi oleh Hamilton dengan ban depan kiri yang pecah.

Verstappen masuk pit untuk ban medium di lap ke-27 dan keluar di belakang Bottas, namun mampu melewati pebalap Mercedes itu untuk mengambil kembali pimpinan lomba

Lewis Hamilton menunda pitstop keduanya hingga lap ke-42 ketika Verstappen masih memimpin.

Lima lap terakhir, Hamilton berjarak sembilan detik dari Verstappen. Pebalap Inggris itu menyalip Bottas tiga lap jelang finis untuk merebut posisi kedua, namun Verstappen terlampau jauh untuk dikejar. (Nonnie Rering)