Enaknya Pempek Tunu Khas Palembang

Enaknya Pempek Tunu Khas Palembang

SHNet, Jakarta – Indonesia memang sangat kaya dengan keberagaman Budaya serta kulinernya di seluruh nusantara. Salah satu di antaranya Provinsi Sumatera Selatan, Kota Palembang. Siapa yang tidak kenal pempek, camilan berasa gurih khas Palembang.

Pempek merupakan camilan berbahan dasar daging ikan dan tepung tapioka. Pempek memiliki banyak sekali jenisnya, diantaranya ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek pistel, pempek kriting, pempek adaan, pempek telok, pempek lenggang, pempek dos dan pempek tunu.

Semua bahan dasar pembuatan pempek sama, adalah tepung tapioka, daging ikan, garam dan penyedap rasa namun cara pengolahannya ada yang berbeda. Jika adonan pempek umumnya di rebus terdahulu, jenis pempek tunu sedikit berbeda.

Sesuai dengan namanya pempek tunu, tunu adalah bakar dalam bahasa Palembang, pengolahan pempek tunu adalah di bakar atau dipanggang. Adonan daging ikan dan tepung tapioka dibentuk bulat atau sesuai selera lalu di bakar atau dipanggang.

Menikmati pempek tunu juga sedikit berbeda dengan pempek jenis lainnya. Jika pempek-pempek lain di santap dengan cuko, kuah kental berbahan dasar gula batok atau gula aren, bawang putih, cabai, ebi dan asam. Menikmati pempek tunu dengan sambal ebi. Bahan pembuatan sambal juga cukup mudah, cabai rawit, ebi yangb disangrai lalu di tumbuk, kecap manis. Campurkan semua bahan dan sambal siap di nikmati. Namun cara menikmati pempek tunu juga memiliki keunikan tersendiri.

Pempek tunu juga populer dengan nama pempek belah di beberapa daerah di Sumatera Selatan ini terkait dengan cara menikmati pempek tunu tesebut. Menikmati pempek tunu adalah dengan membelah bagian tengah pempek namun belahan pada pempek tidak sampai terputus lalu barulah memasukam sambal ditengah-tengan pempek yang telah dibelah. Perpaduan gurih pempek tunu dengan sambal pedas manis ini sungguh Enak sekali, jika berkunjung ke Kota Palembang dan sekitarnya jangan lupa mencoba camilan unik yang enak ini ya. (Ina)