Desa Senteluk Jadi Ikon Wisata Halal di NTB

Desa Senteluk Jadi Ikon Wisata Halal di NTB

Desa Senteluk, Lombok Barat, NTB. (Dok.www.antaranews.com)

SHNet, Jakarta– Berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB) tentu tidak sekedar melihat keindahan alam dan budayanya saja. Wisatawan juga pasti ingin memanjakan lidah mereka dengan kuliner khas daerah tersebut.

Desa Senteluk, wisatawan dapat menikmati berbagai macam kuliner khas NTB. Sambil memanjakan lidah, kita dapat menikmati panorama Pantai Tanjung Bias

Desa Senteluk terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rombongan Kementerian Desa PDTT yang dipimpin Sekretaris Jenderal, Anwar Sanusi, mengapresiasi inovasi yang dilakukan Desa Kades Senteluk. Keberadaan wisata kuliner ini merupakan langkah nyata upaya membangun desa yang menyerap lapangan kerja dari kalangan pemuda desa.

Setelah melihat inovasi desa yang membangun rumah makan berdiri berjejer di pinggir Pantai Senteluk, Pihak Kementerian Desa PDTT memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan wisata kuliner ini. Inovasi ini akan berpengaruh terhadap pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Desa Senteluk, bahkan wisata kuliner Desa Senteluk dapat menjadi ikon wisata halal di NTB.

Inovasi membangun kawasan wisata kuliner tepi pantai Tanjung Bias berawal dari kegelisahan masyarakat desa yang melihat kawasan pantai ini kotor dipenuhi sampah. Selain itu, banyaknya semak belukar yang ada di pesisir membuat pantai ini terkesan tidak terurus.

Lalu, Pemerintah Desa Senteluk mengajak pemuda desa dan seluruh elemen untuk membangun pusat wisata kuliner di lokasi itu. Berkat tekad yang sama, pusat wisata kuliner ini bisa terbangun.

Kini, keberadaan wisata kuliner ini akhirnya membawa angin segar bagi pariwisata Desa Senteluk. Keberadaan rumah makan yang kini hampir setiap hari ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah ini menyerap lapangan kerja. Terlebih, sejak ada gempa, banyak warga desa yang menganggur. Wisata kuliner tersebut dapat mampu membuka lapangan kerja bagi mereka.

Sebagian besar rumah makan tepi pantai itu menyajikan menu laut segar hasil tangkapan nelayan. Cita rasa yang nikmat dengan pemandangan pantai menjadi andalan wisata kuliner ini. Harga makanan jauh terjangkau dibandingkan menu restoran atau kafe sehingga wisata kuliner Senteluk menjadi primadona. (Stevani Elisabeth)