Siloam Hospitals Ambon Bantu Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

Siloam Hospitals Ambon Bantu Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

Siloam Hospitals Ambon resmi dibuka dan rumah sakit ini mendukung pemerintah daerah dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. (Ist)

SHNet, Ambon – Siloam Hospitals Group membuka Siloam Hospitals Ambon, rumah sakit khusus perawatan pasien Covid-19. Hal ini sebagai bentuk dukungan Siloam Hospitals Group terhadap pemerintah daerah dalam upaya penanganan pandemi.

Siloam Hospitals Ambon merupakan rumah sakit keempat di jaringan Siloam yang dibuka khusus untuk perawatan pasien Covid-19 setelah sebelumnya membuka Siloam Hospitals Mampang (Jakarta), Kelapa Dua (Tangerang), dan Paal Dua (Manado).

Kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 setiap hari masih menunjukkan peningkatan. Kondisi ini perlu diwaspadai karena berisiko mengalami lonjakan jika abai dalam pengendalian. Masyarakat, tak hanya di perkotaan tapi juga daerah, tetap perlu menaati protokol kesehatan selama beraktivitas dan bermobilitas agar tidak memunculkan klaster baru penularan.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyampaikan apresiasi saat meresmikan secara langsung Siloam Hospitals Ambon pada Rabu (29/7). “Keberadaan Siloam Hospitals Ambon akan sangat berkontribusi dalam mengakselerasi langkah-langkah penanganan Covid-19 di kota Ambon. Untuk itu, kami menyambut baik dan mendukung usaha Siloam Hospitals untuk memutus rantai penularan serta menaikkan tingkat kesembuhan pasien melalui pengalaman, jaringan, kompetensi, dan komitmen untuk keselamatan pasien,” ujar Richard.

Richard juga mengatakan bahwa mewujudkan Kota Ambon yang sehat merupakan 1 dari 7 visi Pemkot Ambon. “Oleh sebab itu kami merasa sangat terbantu dengan adanya Siloam ini. Pemkot Ambon juga masih menerima jika ada investor yang juga ingin membangun rumah sakit di Ambon. Semakin banyak rumah sakit maka pelayanan akan semakin baik bagi masyarakat, karena biasanya jika banyak akan tercipta persaingan pelayanan yang sehat,” imbuhnya.

Sementara itu, Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospitals Group mengatakan, “Kami menyadari bahwa pengendalian kasus Covid-19 tidak bisa hanya terpusat di kawasan perkotaan, tapi juga daerah. Siloam Hospitals Ambon akan menunjang pemerintah daerah dalam menangani kasus Covid-19 di Ambon dan sekitarnya, serta memberikan akses lebih mudah bagi masyarakat untuk melakukan deteksi dini Covid-19 melalui skrining awal. Seluruh Siloam Hospitals yang dikhususkan untuk perawatan COVID-19 merupakan rumah sakit dengan pasien jaminan pemerintah.”

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Siloam Hospitals Group, Anang Prayudi memaparkan bahwa Siloam Hospitals Ambon telah melatih Sumber Daya Manusia (SDM) yang 70% merupakan putra daerah. “Siloam berkomitmen untuk menciptakan SDM yang berkualitas, sehingga bisa memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.”

“Saat ini Siloam Hospitals telah hadir hingga ke pelosok dan menjangkau masyarakat terpencil. Misi Siloam adalah ingin memberikan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat,” ucap Anang Prayudi menambahkan.

“Kami berharap Pandemi ini segera berakhir dan Siloam Hospitals bisa segera beroperasi menjadi rumah sakit umum. Target kami awal tahun depan,” pungkas Anang.

Berlokasi di Jl. Sultan Hasanudin Kelurahan Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Siloam Hospitals Ambon dilengkapi sejumlah fasilitas dan pelayanan kesehatan pendukung antara lain ruang ICU, ruang isolasi, CT Scan, kamar operasi, laboratorium, dan farmasi.

Dengan seluruh kelengkapan tersebut, rumah sakit ini menyediakan kapasitas 105 tempat tidur bagi pasien terkonfirmasi Covid-19. Siloam Hospitals Ambon nantinya tak hanya memberikan perawatan dan pengobatan bagi pasien terkonfirmasi Covid-19, tapi juga layanan skrining, pengkajian, hingga diagnostik melalui sejumlah pelayanan tes Covid-19 yang disediakan bagi masyarakat. (Stevani Elisabeth)