Taukah Kamu, Lumba-Lumba Hidup Selalu Berkelompok

Taukah Kamu, Lumba-Lumba Hidup Selalu Berkelompok

 

Studi yang dipublikasikan di Marine Biology ini meneliti jaringan sosial lumba-lumba di Laut Adriatik utara. Para peneliti bahkan telah mempelajari lumba-lumba di wilayah ini selama lebih dari 16 tahun.

Dalam pengamatan tim, lumba-lumba yang tinggal di Teluk Trieste membentuk kelompok sosial yang berbeda dan beberapa tidak menyukai satu sama lain.

Seperti diketahui lumba-lumba memang biasanya hidup berkelompok. Namun anggota kelompok ini tidaklah acak, melainkan lumba-lumba yang masuk kategori ‘teman terbaik’ mereka.

Kelompok lumba-lumba di Teluk Trieste terdiri dari tiga kelompok yang berbeda, yaitu dua kelompok sosial besar dengan keanggotaan yang stabil dan pertemanan jangka panjang. Sementara kelompok ketiga merupakan kelompok sosial yang lebih kecil dengan ikatan yang lebih lemah, serta pertemanan yang tidak berlangsung lama.

Menariknya, meski dua kelompok besar cenderung saling menghindar satu sama lain, mereka berhasil membagi daerah-daerah tertentu di lautan. Masing-masing kelompok akan menggunakan wilayah tersebut pada waktu yang berbeda. Pembatasan wilayah ini belum pernah didokumentasikan sebelumnya pada mamalia lain, termasuk pada lumba-lumba.

“Kami cukup terkejut dengan hal ini. Kami kadang melihat satu kelompok di pagi hari dan kemudian kelompok lain di daerah yang sama pada sore hari,” terang Tilen Genov, peneliti yang terlibat dalam studi ini.

Studi ini menunjukkan tiap populasi hewan dapat memiliki perilaku yang berbeda, termasuk juga saat bereaksi terhadap perilaku manusia. (Maya)