Kantor Berita Asing Tak Boleh Jual Berita Di Indonesia

Kantor Berita Asing Tak Boleh Jual Berita Di Indonesia

Jakarta, 4 April 1972 – Kantor berita asing sesuai dengan pengaturannya dalam undang-undang pokok pers tidak diperbolehkan mengadakan perusahaan dalam arti penjualan berita di Indonesia, selain jika disalurkan melalui kantor berita nasional yang ada.

Menteri Penerangan Budiardjo hari Senin telah memberikan keterangan mengenai hal itu di Jakarta selesai diterima Presiden Soeharto di Istana Merdeka.
Pemerintah, kata Menteri Budiardjo, tidak bermaksud untuk mengurangi usaha kantor berita asing yang ada di Indonesia akan tertapi pemerintah ingin melaksanakan peraturan dalam undang-undang pokok pers, dimana sepanjang tersangkut kantor berita asing tidak dibenarkan mengadakan pengusahaan dalam arti business di Indonesia.

Hal tersebut menurut Menteri Penerangan sudah merupakan pula suatu keputusan Dewan Pers beberapa waktu yang lalu akan tetapi belum dilaksanakan.
Menteri Budiardjo tidak memberikan keterangan bila hal itu mulai dilaksanakan.
Dalam sidang Dewan Pers yang dewasa ini masih berlangsung di Jakarta, soal itu menurut menteri disinggung juga akan tetapi sebagai suatu masalah yang kecil saja.

Mengenai kantor berita nasional sebagai penyalur daripada berita kantor berita asing itu menteri mengatakan bahwa dalam hal ini tidak perlu kantor berita “Antara” saja. (SH)