8-10 Juta Rakyat AS Menderita Kelaparan

8-10 Juta Rakyat AS Menderita Kelaparan

Washington, 31 Maret 1969 – Presiden AS Richard M. Nixon sedang memetakan rencananya untuk menanggulangi “kelaparan di Amerika yang kaya raya”.
Persoalan makanan yang tidak mempunyai gizi dan masalah orang yang hampir mati karena kelaparan di daerah Selatan semakin lama semakin tambah menggusarkan publik di Amerika Serikat.

Baik pihak partai Republik maupun partai Demokrat sama-sama sedang melancarkan inisiatif dalam mengatasi persoalan ini di negara yang dikatakan mempunyai “penghasilan perkapita yang tertinggi di dunia”.

Kaum Demokrat yang merupakan mayoritas di dalam parlemen AS yang disebut kongres telah mengambil inisiatif menuntut diperluasnya program anti lapar dan supaya diciptakan program baru untuk menanggulangi masalah kelaparan itu.

Dibawah pimpinan senator George Megivern dari Dakota Selatan maka kongres telah mengadakan “hearing” yang kemudian disusul dengan tour dua hari oleh satu tim penyelidik dari Senat.

Dalam pada itu Presiden Nixon serta para pembantunya dari partai Republik sedang menyiapkan suatu rencana yang bersifat nasional untuk mengalirkan surplus pangan dalam jumlah yang besar kepada mereka yang ditimpa kelaparan di daerah Selatan serta menjamin distribusi pangan itu secara merata.

8 sampai 10 juta
Kendatipun statistik yang ada tidak sempurna tetapi umumnya terdapat konsensus bahwa antara 8-10 juta dari 200 juta rakyat AS hidup dengan “perut yang terus menerus keroncongan”.

Rencana yang sedang dipersiapkan Presiden Nixon itu meminta supaya dikeluarkan biaya dua ribu lima ratus juta dollar sebagai bantuan pangan.
Jumlah ini adalah satu miliar dollar lebih besar dari rencana yang diajukan oleh bekas Presiden Johnson. Hanya proyek pangan ini merupakan program menyeluruh dari pemerintah Nixon yang harus mendapatkan prioritas terlebih dulu diantara masalah dalam negeri lainnya yang mendesak. (Ant/Rtr)