Ny. Dewi Dilarang kembali Ke Indonesia

Ny. Dewi Dilarang kembali Ke Indonesia

Hongkong, 25 Maret 1969 – Ny. Ratna Sari Dewi, isteri bekas Presiden Soekarno keturunan Jepang, pada hari Senin malam tiba di Hongkong dari Bangkok untuk melakukan kunjungan pelesiran singkat.

Ia mengatakan kepada para wartawan, bahwa ia akan berada di Hongkong untuk beberapa hari lamanya, sebagai seorang wisatawan. Ia tidak mau menyatakan kemana tujuan selanjutnya setelah Hongkong.

Ny. Dewi Soekarno menyatakan kerinduannya untuk bertemu dengan suaminya di Jakarta, “Saya sudah mencoba dan mencurahkan seluruh harapan saya untuk pertemuan itu, tetapi saya kira keadaan belum mengijinkan”, demikian katanya.
Ditanya apakah ia akan pergi ke Tokyo apabila ia gagal untuk kembali ke Indonesia. Ia menegaskan, bahwa ia tidak mempunyai niatan itu.

Ia diperbolehkan masuk Indonesia ?
Ny. Dewi Soekarno ditemani oleh anak perempuannya Kartika, seorang sekretaris bangsa Perancis, babu bangsa Spanyol dan pengasuh bangsa Jepang.
Berita dari Jakarta yang diterima di Hongkong mengatakan, bahwa Ny. Dewi Soekarno dapat diijinkan mengunjungi Indonesia kapan saja, jurubicara di Jakarta dari Departemen Luar Negeri itu, yang menanggapi berita dari Bangkok, bahwa ia dilarang kembali ke Indonesia, selanjutnya mengatakan, bahwa Departemen Luar Negeri tidak mengetahui hal itu.

Ia memiliki paspos yang sudah tidak berlaku, yang dapat diperbarui, demikian menurut jurubicara tersebut.
Tetapi sumber pejabat resmi lainnya mengatakan, bahwa pemerintah Indonesia minggu yang lalu telah menolak permintaan Ny. Dewi Soekarno untuk kembali ke Indonesia. (Ant/Afp)