Elit Politik Harus Beri Contoh Kepada Masyarakat

Elit Politik Harus Beri Contoh Kepada Masyarakat

Ilustrasi

SHNet, KUPANG-Pakar Hukum Tata Negara Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, John Tuba Helan meminta elit politik di negeri ini untuk tidak memanfaatkan momentum Pilkada tahun 2017 demi kepentingan pribadinya.

Jhon menyampaikan hal itu di Kupang, Selasa (7/2) mencermati semakin tidak kondusifnya situasi politik negara ini menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 15 Februari 2017.

Menurut dia, seharusnya para elit memberi contoh yang baik kepada masyarakat dan menghadirkan kesejukan di tengah masyarakat, bukan sebaliknya melakukan maneuver yang sangat tidak elok.

“Yang paling menonjol ada DKI Jakarta. Hampir semua pimpinan partai politik turun gunung untuk memenangkan jagonya. Padahal, Pilkada  tahun ini berlangsung di lebih dari 100 daerah,” katanya.

Memang DKI Jakarta adalah barometer perpolitikan di Indonesia. Tetapi, tidak semestinya para elit menggerek masyarakat untuk ikut bermain pada kepentingan mereka. Akhir-akhir ini situasi negara sangat tidak stabil karena para elit terjebak pada kepentingan sesaat dan terjebak dalam situasi yang sama.

Lebih buruk lagi adalah elit politik menyebarkan berita-berita bohong atau hoax. Para elit politik seharusnya menjadi negarawan dan membawa kesejukan di tengah masyarakat, bukan sebaliknya menjadi sumber keresahan.

“Saya harap para elit harus menyadari betapa pentingnya peran mereka dalam menjaga stabilitas politik di negeri ini. Indonesia adalah bangsa yang besar sehingga harus dijaga oleh setiap orang,” harapnya. (Dis Amalo)