Ini Bidikan RI di Hongkong Jewellery Show

Ini Bidikan RI di Hongkong Jewellery Show

SHNet, Jakarta, – Kementerian Perdagangan intensif melakukan penetrasi pasar global dengan produk-produk perhiasan. Tahun 2015, Indonesia berhasil menorehkan angka fantastis untuk ekspor perhiasan, yakni USD 5,49 miliar. Nilai ekspor ini meningkat cukup tajam sebesar 18,21persen dari ekspor perhiasan tahun 2014 yang mencapai USD 4,64 miliar.

“Nilai ekspor produk perhiasan Indonesia dalam lima tahun terakhir (2011-2015) mengalami tren positif sebesar 20,49 persen,” tegas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Nus Nuzulia Ishak, di Jakarta, dalam siaran pers, Kamis (3/3).

Sukses ini membuat Kementerian Perdagangan makin intensif memperluas penetrasi ke pasar global. Salah satunya dengan berpartisipasi kembali pada Pameran Hong Kong International Jewellery Show yang akan berlangsung pada 3-7 Maret 2016 di Hong Kong Convention and Exhibition Centre, Hong Kong, RRT.

“Pameran Hong Kong International Jewellery Show menjadi peluang besar untuk menarik perhatian dari seluruh dunia,” ujar Nus.

Produk ekspor perhiasan unggulan Indonesia di antaranya perhiasan dan bagiannya yang terbuat dari logam berharga selain perak (HS 711319), emas dalam bentuk tidak ditempa lainnya (HS 710812), serta perhiasan dan bagiannya dari perak (HS 711311). Produk perhiasan Indonesia ini makin kinclong di sejumlah negara di dunia seperti Singapura, Swiss, Taiwan, Jepang, dan Hong Kong.

Mengusung tema ‘’Trade with Remarkable Indonesia’’, Paviliun Indonesia akan tampil dengan area seluas 72 m2 di Hall 5G. Sebanyak delapan peserta difasilitasi oleh Kemendag, yaitu Idola Prima (perhiasan perak), SSS Silver (perhiasan perak), Wira Silver (perhiasan perak), VITE (perhiasan dari kerang dan batu-batuan, aksesori), Bintang Darmawan (perhiasan perak), Maha Candra Silver (perhiasan perak), Mannaqueen (perhiasan dari batu semi mulia dan aksesori), dan SFG (perhiasan dari batu semi mulia).

Hong Kong International Jewellery Show merupakan pameran bertaraf internasional yang diklaim sebagai pameran perhiasan terbesar di dunia. Pada tahun 2015 pameran ini berhasil menarik lebih dari 47.028 pengunjung dan diikuti oleh 2.491 ekshibitor.(dani)

NO COMMENTS