UMN Gelar Visual Journalism Day

UMN Gelar Visual Journalism Day

Ilustrasi/www.menulog.com

logo umnUniversitas Multimedia Nusantara Journalism Center (UMN Juice) kembali mengadakan Visual Journalism Days, yang merupakan salah satu program kerja mereka. Acara yang akan berlangsung dari 29 Februari – 2 Maret 2016 ini, adalah wujud apresiasi terhadap karya para mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, khususnya jurusan Jurnalistik UMN.

Saat pembukaVJD di Lecture Hall Gedung C, UMN, dosen pembina UMN Juice, F.X. Lilik mengatakan, kehadiran acara dilatarbelakangi kekhawatiran para dosen terhadap karya-karya tugas mahasiswa yang hanya sampai di lemari dosen. Padahal, karya mereka berpotensi untuk diapresiasi lebih lanjut.

Karya yang ditampilkan adalah hasil ujian akhir mahasiswa. Karya-karya tersebut disaring dan dipilih dosen kurator yang merupakan dosen pengampu mata kuliah jurnalistik. Pilihan terbaik berhak untuk ditayangkan (video) maupun dipamerkan (foto).

Suasana pembukaan Visual Journalism Days, yang berlangsung di Lecture Hall UMN, Gading Serpong, (29/2).
Suasana pembukaan Visual Journalism Days, yang berlangsung di Lecture Hall UMN, Gading Serpong, (29/2).
VJD menjadi salah satu acara yang spesial berkat adanya Visual Journalism Award, yang hadir sebagai puncak acara. Ada dua kategori penghargaan yang akan diperebutkan para mahasiswa, jika karyanya masuk dalam daftar nominasi.

Untuk karya terfavorit, mahasiswa yang karyanya masuk sebagai nominasi harus mampu membawa massa untuk memvoting karya mereka. Sedangkan, untuk kategori terbaik, pemenangannya sudah ditentukan para dosen kurator ketika proses seleksi.

“Teman-teman sangat antusias banget ya, mereka berharap untuk menjadi pemenang, otomatis bisa dikatakan acara ini benar-benar sesuai dengan keinginan mereka,” kata Ketua Visual Journalism Days, Octi Sundari.

Acara ini diharapkan dapat mendorong kesadaran maupun semangat mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhirnya. Selain itu, dari sisi mahasiswa mendapat kebanggaan tersendiri, karena karyanya mendapat apresiasi dan tidak hanya disaksikan dosen semata.

Sumber : Vania B. Setiono (Humas VJD).

NO COMMENTS