Pisang Tanduk Jadi Primadona Oleh-oleh Wisata di Pantai Carita

Pisang Tanduk Jadi Primadona Oleh-oleh Wisata di Pantai Carita

SHNet, Jakarta – Wisata pantai di kawasan Kecamatan Carita selain menawarkan keindahan alam yang menawan ternyata juga mempunyai oleh-oleh yang selalu di buru pengunjung saat berlibur kesana. Adalah pisang tanduk yang selalu jadi primadona oleh-oleh di kawasan wisata ini.

Pisang tanduk, atau pisang agung adalah salah satu kultivar pisang yang populer di Indonesia sebagai bahan dasar pisang goreng. Pisang ini juga populer dikenal sebagai “pisang byar” di Pulau Jawa, dikarenakan jantungnya yang langsung habis tanpa menyisakan bunga mandul. Dilansir dari Wikipedia

Pisang tanduk merupakan salah satu jenis pisang berukuran besar, Pisang tanduk selain diolah menjadi pisang goreng, juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan lainnya seperti bahan baku membuat kue pisang.

Karena rasanya yang enak dan manfaatnya yang melimpah wajar saja jika pisang tanduk selalu di buru saat para pengunjung berwisata ke daerah ini.

Pisang tanduk mengandung komponen penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia seperti kalium, magnesium, serat, folat, dan vitamin C. Dengan kandungan tersebut pisang tanduk bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, menurunkan risiko kanker darah, meningkatkan suasana hati serta dapat meningkatkan kualitas tidur.

Para petani menanam pisang tanduk di area perbukitan sehingga tanamanya subur dan menghasilkan buah yang bagus. Selain dijual di kawasan pantai, disepanjang jalan Kecamatan Carita juga banyak para pedagang menjajakan pisang tanduk. Selain di jual mentah para penjual makanan di area wisata juga menawarkan pisang tanduk goreng. Seporsi pisang goreng tanduk dihargai Rp. 20.000 dengan isi 10 potong pisang goreng, sedangkan pisang tanduk mentah dijual dengan harga beragam. Dimulai dari harga Rp. 5.000/biji sampai Rp.20.000/biji, tergantung besar dan kecilnya pisang tanduk. (ina)