Pepaya, dari Buah Sampai Daun dan Biji Berguna Bagi Manusia

Pepaya, dari Buah Sampai Daun dan Biji Berguna Bagi Manusia

SHNet, Jakarta – Mengonsumsi buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan nutrisi pada buah dapat membuat tubuh terus bugar, apa lagi jika di imbangi dengan makanan sehat lainnya dan rajin berolah raga tentu akan membuat tubuh selalu fit serta dapat meningkatkan imunitas tubuh dan tubuh akan terlindungi dari berbagai infeksi penyakit.

Semua jenis buah memiliki manfaat masing-masing, termasuk pepaya. Apakah kamu suka mengonsumsi pepaya? Kamu beruntung jika rajin mengkonsumsi pepaya. Pepaya dikenal sebagai obat sembelit namun siapa sangka pepaya mempunyai segudang manfaat baik lainnya bagi tubuh manusia.

Buah berbentuk lonjong dengan tekstur yang tidak beraturan, berwarna hijau oranye dan daging buah sedikit kemerahan, pepaya termasuk buah yang rendah kandungan kalorinya. Buah dengan biji berwarna hitam berbentuk bulat juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Termasuk vitamin C, A, B1, B5, B3, K, E, serat, kalsium, folat, magnesium, dan asam folat. Dilansir dari halodoc

Siapa sangka selain dijadikan obat sembelit dan obat pencernaan, karena kandungan vitamin dan mineral yang ada pada pepaya, ternyata pepaya juga baik untuk kesehatan kulit serta kuku, pepaya juga dapat dijadikan masker alami pada rambut untuk melebatkan dan menyuburkan rambut.

Buah pepaya juga mengandung Likopen, senyawa antioksidan yang berfungsi dalam menangkap radikal sehingga dapat menjaga imunitas tubuh tetap baik, kandungan vitamin E, C, dan A pada buah pepaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga menjaga tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus.

Daun pepaya, popular dikalangan masyarakat selain dijadikan sayuran juga berguna sebagai obat untuk penyakit demam berdarah dan sebagai obat anti-malaria. Seperti buahnya, daun pepaya juga kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain, kandungan ini dapat membantu mencegah serta mengobati gangguan pada pencernaan seperti kembung dan lainnya.

Biji buah pepaya baik bagi pencernaan, Ekstrak dari biji pepaya dapat membantu menyerang berbagai bakteri jahat seperti Escherichia Coli, Staphylococcus, dan Salmonella, yang ada dalam sistem pencernaan. (ina)