Kecamatan Carita Pandeglang Banten, Desa Penghasil Emping Melinjo

Kecamatan Carita Pandeglang Banten, Desa Penghasil Emping Melinjo

SHNet, Jakarta – Kabupaten Pandeglang merupakan penghasil emping terbesar, di antaranya berada di kecamatan Carita.

Emping adalah sejenis camilan atau makanan ringan Indonesia berupa keripik yang terbuat dari biji melinjo atau belinjo (Gnetum gnemon). Emping memiliki sedikit rasa pahit. Emping tersedia di pasaran dalam berbagai varian rasa, seperti polos (asli), asin, pedas atau manis, tergantung dari penambahan garam atau karamel gula. Dilansir dari Wikipedia

Di Kecamatan Carita emping diolah secara tradisional oleh para pengrajin emping dengan menggunakan batu sebagai alat memipihkan melinjo dan tidak mencampurkan bahan lainnya sehingga rasa emping melinjo benar-benar asli.

Kampung sentra kerajinan keripik emping melinjo di Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang dapat mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat setempat.

Sebagian besar warga di sini sebagai perajin kerupuk emping melinjo,” kata Ibu Ning (50) seorang perajin dan penjaja kripik emping dikawasan wisata pantai Carita saat ditemui di Pantai Carita saat menjajakan keripik emping pada pengunjung pantai. Kecamatan Carita Pandeglang, Minggu (27/06/20)

Emping melinjo asli dari daerah Carita terkenal dengan kualitas baik. Pembuatan emping melinjo cukup sederhana, diawali dengan menyangrai melinjo, kemudian kulit dikupas dan daging melinjo dipipihkan dengan sejenis palu dari batu. Makanan ini banyak dihasilkan oleh pengusaha kecil (home industry) dan sebagian dari pengerajin emping lebih memilih menjajakan sendiri emping melinjo kepada pengunjung wisata pantai karena harga yang ditawarkan bisa lebih tinggi dari pada dijual ke pengepul emping. (ina)