Hati-hati Jika Hand Sanitiser Mengandung Bahan Ini, Karena Bisa Mematikan

Hati-hati Jika Hand Sanitiser Mengandung Bahan Ini, Karena Bisa Mematikan

SHNet, Jakarta – Badan administrasi dan obat-obatan Amerika Serikat (AS) memperingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan produk pembersih tangan yang dibuat oleh perusahaan Meksiko karena mengandung zat beracun yang disebut metanol. Zar itu dapat mematikan ketika diserap melalui kulit atau dicerna.

Peringatan itu berlaku untuk sembilan produk pembersih tangan yang dibuat oleh perusahaan, yang disebut Eskbiochem, menurut sebuah pernyataan dari badan tersebut. Badan itu mengatakan menemukan metanol dalam sampel yang diambil dari beberapa produk perusahaan.

Dilansir Live Science, paparan metanol dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, penglihatan kabur, kebutaan permanen, kejang, koma, kerusakan permanen pada sistem saraf atau bahkan kematian.

Orang mungkin berisiko keracunan metanol jika mereka menggunakan zat itu di tangan mereka, tetapi risiko keracunan terbesar terjadi ketika orang menelan metanol, baik secara tidak sengaja (misalnya, jika produk tersebut tertelan oleh seorang anak) atau dengan sengaja (yang mungkin merupakan kasus untuk remaja atau orang dewasa yang minum produk sebagai pengganti alkohol), kata badan itu.

Sembilan produk tersebut dikenal sebagai Pembersih Tangan Semua Bersih, Pembersih Tangan Esk Biochem, Pembersih Bersih NoGerm Advanced Hand Sanitizer, Pembersih Tangan Gel Lavar 70, Pembersih Tangan Gel Antibakteri Yang Baik, Pembersih Tangan Saniderm Advanced dan Pembersih Tangan Sanitasi 3 Jenis CleanCare , kata pernyataan itu.

Konsumen yang memiliki produk ini harus berhenti menggunakannya dan segera membuangnya. Orang-orang yang telah terpapar produk-produk ini harus mencari perawatan medis segera untuk membalikkan efek racun dari keracunan metanol, kata badan itu.

Agensi telah meminta Eskbiochem untuk menghapus produk dari pasar, tetapi perusahaan belum mengambil tindakan, kata pernyataan itu.

Sejauh ini, FDA belum menerima laporan penyakit yang terkait dengan produk ini. Untuk dipasarkan sebagai pembersih tangan, suatu produk harus mengandung etil alkohol (juga disebut etanol), isopropil alkohol (isopropanol) atau benzalkonium klorida sebagai bahan aktif, Live Science sebelumnya melaporkan.

Meskipun metanol adalah jenis alkohol, ia sangat beracun dan ditemukan dalam produk-produk seperti antibeku dan bahan bakar balap, menurut National Institutes of Health (NIH). Tubuh memetabolisme metanol menjadi senyawa yang disebut asam format, yang sangat beracun bagi sel, Live Science sebelumnya melaporkan.

Menelan sedikitnya 2 sendok makan (30 mililiter) metanol dapat mematikan bagi anak, dan 2 hingga 8 ons (60 hingga 240 mililiter) dapat mematikan bagi orang dewasa, kata NIH.

Di masa lalu, beberapa orang telah diracuni dengan metanol setelah mencoba membuat alkohol sendiri, atau dari meminum alkohol yang diproduksi secara ilegal. (Ina)