Desa Pranan, Sukoharjo, Kampung Jambu Air

Desa Pranan, Sukoharjo, Kampung Jambu Air

SHNet, Jakarta –  Memasuki Desa Pranan, Kecamatan, Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, berjejer pohon jambu air di halaman pekarangan warga. Buah jambu air berwarna merah itu bergelayutan rimbun di rindangnya dedaunan pohon jambu air.

Boleh dikata, hampir di setiap rumah penduduk di desa itu ditanami jambu air, termasuk jambu air jenis wulung. Bukan saja di pekarangan, warga pun mengembangkan budidaya tanaman jambu air di areal lahan pertanian. Bahkan, di pinggiran lahan sawah yang ditanami padi menguning, terlihat puluhan bahkan ratusan tanaman jambu air.

Tak heran, jambu air ini menjadi salah satu produk andalan dan penyokong perekomian warga di Desa Pranan.  Tak heran, Desa Pranan menyandang predikat sebagai desa buah jambu air.

Warga mulai  mengembangkan budidaya jambu air sejak lima hingga sepuluh tahun yang lalu. Mayoritas penduduk di Desa Pranan, memang bertani. Namun, mereka juga menanam buah jambu air termasuk buah jambu wulung sebagai mata pencaharian.

Diperkirakan di Desa Pranan terdapat  dua ribu pohon jambu air. Untuk harga satu kilogram (kg) jambu air ini pun dijual senilai Rp10.000. Jambu air dari Pranan mampu menyuplai kebutuhan buah-buahan di wilayah Soloraya dan sejumlah daerah lain di Jawa Tengah.

“Dengan budidaya jambu air ini menjadi potensi bagi Desa Pranan. Kami bahkan menyandang desa buah,” kata dia.

Salah satu warga Pranan, Raharjo mengatakan pengembangan jambu air terus dilakukan warga sebagai penyokong ekonomi penduduk. Hasil panen yang diterima cukup memuaskan dan mampu meningkatkan pendapatan warga.

Desa Pranan juga mengembanngkan jambu wulung merupakan keluarga jambu air. Kandungan airnya cukup banyak, lantaran itulah bisa mendatangkan kesegaran. Daging buahnya tebal, namun bijinya kecil.

Yang membedakan Jambu Wulung dengan jambu air jenis lain adalah warnanya. Kulit buahnya berwarna merah marun, hingga mengarah agak biru kehitaman. Sesuai dengan mamanya Wulung yang berarti biru kehitaman atau hitam.

Sebelum menanam Jambu, warga di Desa Pranan terlebih dahulu menanam pohon Kedondong dan Mangga. Namun, ternyata menanam jambu air khususnya jambu jenis wulung malah dianggap menguntungkan. (Victor)