Batu Fosil Desa Sajira yang Mendunia dari Banten

Batu Fosil Desa Sajira yang Mendunia dari Banten

 

SHNet, Banten –  Desa ini bernama Sajira merupakan salah satu desa di Kabupaten LebakBanten. Kecamatan ini merupakan daerah penghasil batu fosil yang sudah mendunia.

Batu fosil merupakan bentukan hasil sedimentasi pelapukan ratusan tahun lalu. Sedimentasi itu kemudian membentuk batu yang sangat indah.

Batang kayu, akar, atau binatang yang terpendam di dalam tanah mengeras hingga menjadi batu dengan bentuk dan warna berwarna-warni indah.

Kekayaan alam terpendam di tanah Sajira menjadikan daerah ini sebagai penghasil batu fosil. Batu fosil ini banyak dibentuk langsung oleh pengerajin lokal sebelum diambil para pemburu batu fosil. Bahkan, barang-barang ini menjadi kerajinan ekspor.

Pemerintah Banten menjadikan kerajinan batu fosil dari Sajira ini sebagai kerajinan khas Banten. Berbagai bentuk membuat batu fosil sangat diminati, dari soufenif, hiasan-hiasan, hingga perabotan rumah tangga seperti kursi atau meja.

Tidak heran, kerajinan batu fosil dari Sajira kerap diikutsertakan dalam pameran-pameran mewakili produk khas Banten.

Sentra kerajinan batu fosil dikembangkan oleh masyarakat Desa Mekarsari. Ada batu fosil yang dibentuk hiasan yang unik, atau dibiarkan sesuai bentuk alaminya. Corak batu fosil menjadi nilai seni tersendiri pengagum batu fosil.

Bagi Anda pecinta batu fosil, Sajira merupakan tempat yang pas untuk dikunjungi. Berbicara harga, tentu sangat beragam. Jika ingin berburu, Anda bisa langsung ke Sajira atau hanya menikmati keindahannya saja tentu sangat menyenangkan. (maya han)