Screening Chamber untuk RSUD Sekarwangi Sukabumi

Screening Chamber untuk RSUD Sekarwangi Sukabumi

SHNet, SUKABUMI – SCG kembali mendonasikan screening chamber atau Bilik SWAB Tes Covid-19. Ssetelah sebelumnya 6 dan 11 Mei 2020 di RS St. Caroulus dan RSAU dr.Esnawan Antariksa di Jakarta, tanggal 19 Mei 2020, SCG mendonasikan Bilik SWAB  pertama di Sukabumi melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi sebagai solusi inovatif SCG untuk RSUD Sekarwangi Sukabumi.

Bilik SWAB pertama di Sukabumi ini diberikan guna meminimalisir kontak langsung antara tenaga medis dan pasien sehingga dapat menghindari penularan Covid-19 dari pasien kepada para tenaga medis.

“Di Indonesia, kasus Covid-19 ini terus meningkat. Hal ini membuat kita harus selalu waspada dalam menghadapi pandemi ini. Seluruh pihak harus saling mendukung satu sama lain sehingga dapat menekan laju penyebaran Covid-19. Atas dasar hal tersebut, kami sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh SCG yang selalu mendukung pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19 ini, terutama kepeduliannya dalam hal melindungi tenaga medis untuk bekerja melalui pengembangan inovasi Bilik SWAB pertama di Sukabumi. Semoga apa yang telah dilakukan oleh SCG dapat menginspirasi dan memotivasi untuk selalu #PeduliBersama,” kata Iyos Somantri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi.

“SCG melalui PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi ingin membantu dan mendukung Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam menghadapi pandemi ini melalui pengembangan produk inovatif Bilik SWAB pertama di Sukabumi. Kami percaya bahwa dengan #PeduliBersama, kita dapat bersama-sama menekan laju peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi.” ujar Somchai Dumrongsil – Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi

Adapun pembuatan Unit Bilik SWAB SCG ini memiliki spesifikasi memiliki desain prefabricated yang membuatnya mudah untuk dimobilisasikan, dibersihkan, dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses produksi. Memiliki struktur unit yang kokoh karena  menggunakan struktur yang biasa digunakan untuk membangun rumah yaitu hollow steel structure.

Dilengkapi dengan exhaust fan sehingga memiliki sirkulasi udara yang baik.  Pembuatan Unit Bilik SWAB SCG ini menggunakan bahan acrylic sehingga dapat memastikan penyerapan yang lebih baik serta terhindar dari tingginya resiko pecah.

Direktur – RSUD Sekarwangi, Albani Nasution mengungkapkan  rasa terima kasih atas adanya bantuan tersebut. “Kami berterima kasih kepada SCG yang telah memberikan perhatiannya kepada tenaga medis di Kabupaten Sukabumi, terutama RSUD Sekarwangi dalam menangani Covid-19. Kami sangat terbantu dengan adanya inovasi bilik SWAB Test dari SCG ini karena kami akan merasa lebih aman dan nyaman dalam bekerja dan memberikan yang terbaik bagi pasien kami,” katanya. (cj)