Pulau Siau Surganya Bawah Laut di Sulawesi Utara

Pulau Siau Surganya Bawah Laut di Sulawesi Utara

SHNet, Sulawesi Utara – Pulau Siau, merupakan salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Dengan letak geografis 02° 45′ 00” LU dan 125° 23′ 59” BT.

Pulau ini, selain terkenal di Sulut karena memiliki gunung berapi yang masih aktif yaitu Gunung Karangetang, juga memiliki keragaman hayati di dalam air yang patut diperhitungkan.

Perkebunan di Siau sangat subur, ini diakibatkan debu vulkanik dari Gunung Karangetang dimanfaatkan untuk tanaman pala. Produksi pala Sitaro pada tahun 2007 mencapai 1,66 juta ton yang dihasilkan dari lahan tanaman pala sekitar 3000 hektare.

Sedangkan untuk tanaman kelapa yang ada di Siau kurang dimanfaatkan oleh karena harga jual pala lebih tinggi dari kelapa.

Ekspor perikanan laut Sitaro mencapai 6000 ton/tahun, namun pemanfaatan sumber perikanan ini masih tergolong usaha kecil dan tradisional. Ibukota Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yaitu Ondong Siau juga terdapat di pulau ini.

Di Siau sudah seperti toko serba ada, creature laut yang unik, yang cukup sulit ditemukan di tempat lain, bisa dengan mudah didapatkan di sini laut Siau.

Ada dua macam kapal yang datang ke Siau ini dari Manado, yang pertama kapal cepat yang hanya menempuh perjalanan 2-3 jam saja. Dan yang lainnya kapal yang lebih lambat, yang menempuh waktu perjalanan dari manado sekitar 5-7 jam.

Hamparan karang, baik hard maupun soft coral yang ada di perairan ini juga cukup bagus, dan ini merupakan pertanda baik, akan banyaknya mahluk-mahluk laut yang luar biasa.

Dan benar saja, baru beberapa meter masuk ke bawah air, saya sudah menemukan Nudibranch bornela yang keberadaan sangat sulit ditemukan di daerah lain.

Beberapa meter disebelahnya, menemukan ikan goby dengan kumpulan telurnya di sebuah whip coral. Sepasang goby ini akan berpasang-pasangan menjaga si telur, sampai telurnya keluar dari perut indukan goby dan akhirnya menetas.

Tidak hanya ikan goby, juga ditemukan ikan blennie, kepiting-kepiting kecil dan beraneka nudibranch di dalam perairan Siau. Ini seakan memuaskan dahaga siapa saja yang akan foto creature laut yang unik dan indah ini. (maya han)