Desa Meranjat Pindang Meranjat

Desa Meranjat Pindang Meranjat

SHNet, Jakarta – Palembang, Sumatera Selatan terkenal dengan olahan masakan berbahan dasar ikan, Pindang. Disetiap sudut rumah makan didaerah Palembang pasti menyiapkan pindang sebagai menu utama yang dijual belikan.

Banyak ragam cara memasak serta bumbu terkait pindang Palembang. Lain desa lain pula cara mengolah, bahan baku atau jenis ikan yang digunakan dan ragam bumbu namun cita rasanya tetap sama, asam segar dan gurih.

Salah satu diantaranya Pindang Meranjat adalah makanan khas Sumatera Selatan. Makanan ini tepatnya adalah khas dari Desa Meranjat Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Adalah hidangan yang resepnya diturunkan dari nenek moyang masyarakat Desa Meranjat. Berbahan dasar ikan yang mempunyai cita rasa segar, asam asin pedas dan gurih.

Dahulu pindang meranjat tersaji dengan bahan utama ikan sungai dan kaya akan bumbu dapur, resep turun temurun ini sangat di gemari masyarakat Sumatera Selatan.

Namun saat ini telah banyak modifikasi atau perubahan bahan baku utama. Karena menemukan ikan sungai saat ini terbilang lumayan sulit. Biasanya masyarakat mengganti ikan sungai dengan ikan tambak atau kolam seperti ikan patin atau ikan mas. Banyak pula yang menggunakan daging atau iga sapi serta udang sebagai bahan baku pindang meranjat.

Walaupun bahan baku mengalami perubahan, resep bumbu dan cara memasak tetaplah sama sehingga tidak mengurangi cita rasa keistimewaannya.

Bumbu yang digunakan olahan pindang meranjat adalah bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, tomat, kunyit, jahe, lengkuas, serai, daun bawang, daun salam, daun kemangi,asam jawa, nanas serta garam dan gula merah.

Menikmati pindang meranjat biasanya tersaji bersama sambal bacang terasi (bacang: sejenis buah mangga, namun mempunyai cita rasa asam manis), dimakan bersama nasi hangat, Nikmat sekali.

Pindang palembang populer dengan sebutan pindang patin, karena banyak ditemukan dengan bahan baku ikan patin. Jenis ikan ini cocok sekali di masak dengan olahan pindang. Dagingnya yang gurih dan kaya kandungan gizi membuat ikan ini sangat digemari. (ina)