Desa Atoga Dulang Jutaan Rupiah dari Pariwisata

Desa Atoga Dulang Jutaan Rupiah dari Pariwisata

Agota River View (ARV) Outbound. di Desa Agota, Bolaamongondow Timur, Sulawesi Utara. (Dok.www.mongondow.co)

SHNet, Jakarta- Berkunjung ke Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sulawesi Utara, ada destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Namanya Agota River View (ARV) Outbond.

Obyek wisata yang satu ini terletak di Desa Atoga Timur, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaan Mongondow Timur

Desa Atoga Timur berhasil mengelola sumber daya alam yang ada di desa tersebut menjadi destinasi wisata. Wahana wisata Atoga River View (ARV) Outbond yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pelangi Atoga Timur mampu menyumbang pendapatan asli desa di atas Rp 300 juta dan mampu memperkerjakan kurang lebih 60 orang.

Desa Atoga Timur terletak di Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara. BUMDes Pelangi Desa Atoga Timur telah melakukan terobosan untuk memajukan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan berbagai usaha.

Setelah sukses dengan pengembangan usaha kerajinan tangan, sejak 2018 lalu, BUMDes Pelangi telah mengembangkan sejumlah desa wisata, seperti Desa Wisata Twin Zip Bike, Hot Air Ballon, Colorful Butterfly, Sun Flower Selfie, Crush Egg Selfie, Hammock on River, dan Bamboo Bridge.

Keberhasilan BUMDes Pelangi tak lepas dari sinergi dan kerja tim antara BUMDes dan Pemerintah Desa Atoga Timur, terutama dalam mengeksplorasi potensi desa. Wujud nyata dukungan pemerintah desa adalah program membangun fasilitas jalan masuk ke lokasi wisata ARV Outbond yang dikelola BUMDes Pelangi.

BUMDes pelangi juga rajin mempromosikan inovasinya hingga viral di media sosial. Dampaknyaa, semakin banyak orang mengetahui dan mengenal aneka fasilitas wisata desa. Para pengunjung yang datang di ARV Outbound tidak hanya dari dalam daerah, tetapi dari luar provinsi.

Sektor pariwisata terbukti mampu mengangkat tingkat kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka pengangguran. Berkat keberhasilan mengelola BUMDes, pada 2019, Desa Atoga Timur menerima penghargaan terbaik kedua nasional kategori BUMDes inovatif dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. (Stevani Elisabeth)