Jumlah Kasus Covid-19 di AS Kini Nomor Satu di Dunia, Melebihi China...

Jumlah Kasus Covid-19 di AS Kini Nomor Satu di Dunia, Melebihi China dan Italia

SHNet, Jakarta – Para ilmuwan sejak awal memperingatkan bahwa Amerika Serikat suatu hari akan menjadi negara yang paling terpukul oleh pandemi coronavirus. Dan momen itu tiba pada hari Kamis waktu setempat.

Di Amerika Serikat, setidaknya 81.321 orang diketahui telah terinfeksi virus corona, termasuk lebih dari 1.000 kematian. Angka ini lebih banyak dibandingkan kasus yang muncup di China, Italia atau negara lain. Demikian menurut data yang dikumpulkan oleh The New York Times.

Dengan 330 juta penduduk, Amerika Serikat adalah negara terpadat ketiga di dunia, yang berarti memungkinkan banyak orang yang berpotensi terkena Covid-19.

AS menjadi negara besar yang paling ribut tentang demokrasi, ketika negara-negara menetapkan kebijakan mereka sendiri. Sementara itu, Presiden Trump telah mengirim pesan ikut campur tentang skala bahaya dan bagaimana cara melawannya, memastikan tidak ada respons yang koheren dan terpadu terhadap ancaman kesehatan masyarakat yang serius.

Serangkaian kebijakan salah langkah membuat peluang hilang. Rangkaian salah langkah itu diantaranya, kegagalan untuk menangani pandemi secara serius bahkan ketika penyakit itu masih melanda China.

Upaya untuk memberikan pengujian luas atas virus tersebut membuat negara buta tentang krisis, dan kekurangan masker dan alat pelindung untuk melindungi dokter dan perawat di garis depan.
Begitu pula ventilator untuk menjaga hidup kritis. (Ina)