Biji Dari Tumbuhan Kapulaga

Biji Dari Tumbuhan Kapulaga

SHNet, Jakarta – Kapulaga adalah tanaman herbal yang membentuk rumpun, bentuknya mirip jahe namun menghasilkan biji. Selain batang dan akar, bijian inilah yang banyak di manfaatkan banyak orang.

Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga india (Elettaria cardamomum); kedua-duanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.

Dikenal pula dikalangan masyarakat Indonesia dengan nama kapulaga putih dan kapulaga hijau

Harga kapulaga dipasaran saat ini, untuk harga kapulaga kering jenis kapulaga putih berkisar Rp. 70.000 hingga Rp. 187.000 per kilo Sedangkan untuk harga kapulaga hijau kering per kilo di bandrol sebesar Rp. 280.000 hingga Rp. 500.000

Kapulaga banyak di manfaatkan sebagai rempah, bumbu masakan dan sebagai bahan berbagai jenis obat bagi manusia.

Kapulaga merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Namun saat ini Kapulaga banyak tumbuh di Indonesia. Dibudidayakan di daerah Indonesia sejak tahun 1986.

Di Indonesia kapulaga juga populer di manfaatkan sebagai obat herbal. Yang biasa digunakan sebagai obat dari tumbuhan kapulaga adalah bagian biji, akar dan batang.

Kapulaga dapat digunakan untuk mengobati masalah pencernaan karena serat yang terkandung cukup tinggi dan dapat mengobati radang pada tenggorokan. Kandungan nutrisi seperti vitamin, antioksidan dan minyak atsiri dapat menangkal radikal bebas sehingga kapulaga juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Karena baunya yang sedap, saat ini banyak pula masyarakat yang menggunakan kapulaga sebagai bahan pembuatan aroma terapy, diketahui kapulaga mempunyai kandungan minyak atsiri yang efektif meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sangat baik digunakan bagi penderita asma dan bronkitis.

Kapulaga juga mempunyai kandungan serat tinggi, sehingga sangat baik untuk masalah pencernaan. Terutama bagi penderita sembelit.

Kapulaga juga banyak di manfaatkan menjadi rempah atau bumbu masakan seperti sop iga, soto betawi dan lain macamnya. Dan tentunya kapulaga adalah salah satu bahan penting untuk pembuatan teh tarik khas India. (ina)